Uben dan Ikeu Lewat Jalur Independen

NGAMPRAH – Pasangan calon (paslon) dari jalur perseorangan yakni Ikeu Dewi Sartika dan Uben Yunara Darsa Priatna secara resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB)

Saat mendaftar, paslon tersebut diantar pendukungnya kurang dari 50 orang. Ikeu dan Uben yang kompak berbaju putih tersebut, tiba di Kantor KPU KBB Jalan Raya Purwakarta, Selasa (9/1/18) pukul 14.30 WIB.

Tidak ada yel-yel dukungan seperti lumrahnya mengantarkan sang kandidat. Namun, para komisioner KPU KBB sigap menerima pasangan itu pada hari kedua tahapan pendaftaran.

Ketua KPU KBB Iing Nurdin menuturkan, di hari kedua pendaftaran yang dibuka oleh KPU, ada satu pasangan calon dari jalur perseorangan yang mendaftar.

Iing menyebutkan, pada awalnya Pilbup Bandung Barat dari jalur perseorangan diikuti oleh empat pasangan. Namun, pada tahapan penyerahan dukungan, dua pasangan hadir tapi tidak menyerahkan berkas persyaratan dukungannya dan mereka mengundurkan diri.

Kemudian satu pasangan lagi, tidak bisa memenuhi jumlah dukungan sesuai persyaratan. Sehingga hanya pasangan Ikeu dan Uben yang sudah menyerahkan berkas dukungan sampai bisa melakukan pendaftaran hari ini.

Iing menambahkan, pasangan Ikeu-Uben masih harus menyerahkan berkas dukungan dua kali lipat dari kekurangannya atau sekitar 116.000 dukungan. Selain itu, dukungan dibuktikan dengan e-KTP dan harus diserahkan mulai 18 – 20 Januari 2018.

’’Jadi masih ada artinya masih ada waktu untuk melengkapi kekurangannya,’’ tegasnya.

Iing mengutarakan, dukungan diverifikasi ulang oleh KPU secara door to door dalam waktu seminggu. Hal ini, bukan hal mudah namun KPU tetap akan menjalankannya sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kita akan mendata secara faktual antara berkas yang diterima dan dicocokan di lapangan agar benar-benar tepat,” ungkapnya.

Sementara itu Uben merasa optimis bisa mengumpulkan dukungan yang disyaratkan KPU. Bahkan, dia sudah menyiapkan 120.000 dukungan yang berasal dari buruh.

“Kita terus mengupayakan semaksimal mungkin dengan tim pendukung agar mengoptimalkan syarat-syarat yang masih kurang,” tandasnya (drx/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan