SDA Raih Pengelola OP Irigasi Terbaik

BANDUNG – DPRD Jabar mengapresiasi atas keberhasilan Dinas Sumber Daya Air (SDA) meraih juara pertama pada Penyelenggaraan Operasi dan Pemeliharaan (0P) Irigasi terbaik 2017.

Menurut Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar dari Fraksi Partai Gerindra, H. Daddy Rohanady mengatakan, keberhasilan ini merupakan sebuah prestasi yang dinanti-nanti. Sebab, dalam setiap tahun penilaian Penyelenggaraan OP Irigasi, Provinsi Jabar belum pernah meraih prestasi terbaik dan selalu dapat juara II atau III.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras rakan-rekan kerja Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jabar dan masyarakat Forum Mitra Cai, dan dukungan anggaran dari DPRD Jabar akhirnya mampu merebut juara pertama. Ini suatu capain luar biasa dan harus diberikan apresiasi”, kata Daddy ketika ditemui di gedung DPRD Jabar kemarin. (25/9)

Dia menuturkan, sebelum malam penganugrahan diberikan panitia terlebih dahulu dilakukan rapat kerja nasional atau konsulidasi Nasional Wilayah Barat bidang infrastruktur terutama bidang SDA yang diselenggarakan oleh Kemen PUPR RI melalui Dirjen SDA.

“Kebetulan saya yang diutus oleh Pimpinan DPRD Jabar, sedangkan dari Pemprov Jabar langsung dihadiri oleh Kadis SDA Jabar pak Nana Nasuha. Kami menghadiri dan mengikuti rangkaian kegiatan tersebut yang dilenggarakan di kota Padang – Sumatra Barat, “ jelasnya.

Daddy mengatakan, pihaknya menunggu hasil penilaian pusat terhadap kinerja Dinas SDA Jabar secara keseluruhan. Namun, kalau dilihat trendnya, untuk sementara peringkatnya sangat bagus.

Daddy mengungkapkan, dalam pengelolaan irigasi yang menjadi kewenangan Pemprov, Dinas SDA selalu menangani ke-irigasian dan luas area dengan baik dengan dirawat agar pengaliran air untuk persawahan berjalan baik.

Kendati begitu, kewenangan mengurus irigasi milik provinsi berkisar 1000 s/d 2.500 Hektar. Karena cukup luasnya area garapan irigasi sehingga sampai kini belum ada garapan dan pemelihaaran Daerah Irigasi secara tuntas.

’’Untuk itu, kedepan kita dorong pihak Dinas SDA berserta jajarannya untuk menuntaskan secara bertahap,’’kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas SDA Jabar H.Nana Nasuha mengatakan, salah satu Tupoksi Dinas SDA adalah mengelola Irigasi yang berada di Bidang OP.

’’Alhamdulillah beberapa tahun belakangan ini Dinas SDA Jabar mendapt support dari Pemprov Jabar dan DPRD Jabar dalam hal anggaran, sehingga kami betul-betul dapat melaksanakan tugas OP Irigasi sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan oleh Kemen PUPR melalui Dirjen SDA,’’kata dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan