Raih Penghargaan Pengaduan Publik

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung me­nerima penghargaan Top 25 Pengelolaan Pengaduan Pe­layanan Publik 2018 dari Ke­menterian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refor­masi Birokrasi.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menerima pen­ghargaan tersebut dari Deputi Bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa pada acara Ra­pat Koordinasi JIPP (Jaringan Inovasi Pelayanan Publik dan SP4N-LAPOR! (Sistem Peng­elolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan On­line Rakyat) di Batam, Senin (10/12).

Usai menerima penghar­gaan tersebut, Yana mengaku sangat bersyukur. Hal ini menunjukan kinerja Pemkot Bandung semakin diapresia­si oleh pemerintah dan ma­syarakat. Apalagi penghar­gaan ini terkait dengan apli­kasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).

“Alhamdulillah dapat apresiasi lagi. Aplikasi ini memang berasal dari pemerintah pusat. Tetapi Pemkot bandung mengembang­kannya sehingga semakin user freindly,” kata Yana.

Yana mengakui, melalui LAPOR!, Pemkot Bandung banyak menerima masukan dari masyarakat. Sehingga masukan tersebut bisa men­jadi salah satu dasar untuk pengambilan keputusan di tingkat pimpinan.

“LAPOR! Sangat bermanfaat untuk masyarakat dan juga pemerintah. Aplikasi ini men­jadi salah satu dasar pengam­bil kebijakan di Kota Bandung,” tutur Yana.

Seperti diketahui, LAPOR! adalah aplikasi media sosial pertama di Indonesia yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerin­tah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangu­nan dan pelayanan publik.

Agar semakin memasyarakat, Yana menegaskan, Pemkot Bandung akan terus menyo­sialisasikan aplikasi LAPOR!. Tujuannya, agar mengetahui saluran yang tepat untuk me­nyampaikan aspirasinya. Sehingga, Pemkot Bandung bisa memperoleh masukan dan membuat keputusan yang tepat.

“Kita akan terus sosialisasi­kan aplikasi ini. Karena man­faatnya memang sangat ba­nyak,” kata Yana.

Sebelumnya, Pemkot Bandung juag memperoleh penghar­gaan Piala Anggakara Birawa Top 10 Pengelolaan Penga­duan Pelayanan Publik 2018. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas pelayanan pengaduan publik Lapor (Lay­anan Aspirasi Pengaduan On­line Rakyat) yang dikelola oleh Dinas Komunikasi Dan Infor­matika Kota Bandung. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan