Raih Juara Ke 2 Lomba Food Ethnic Se-Jawa Barat

BANDUNG – Dengan menampilkan makanan hasil olahan umbi-umbian Dinas Perdaganagan dan Perindustrian (Disdaging) Kota Bandung keluar se­bagai juara ke 2 pada Lomba Food Ethnic Se-Jabar pada 2017 lalu.

PERLIHATKAN PENGHARGAAN: Pemenang lomba olahan umbi-umbian merasa bangga dengan menerima penghargaan.

Kepala Disdaging Eric M. Atthauriq mengatakan, Jabar memiliki potensi kekayaan sumber energi makanan yang melimpah. Bahkan, disetiap daerah memiliki ciri khsa makanan yang berbeda.

Menurutnya, untuk me­manfaatkannya dibutuhkan kreativitas agar olahan makanan terlihat menarik dan diminati oleh masy­arakat. Terlebih jenis um­bi-umbian sangat melim­pah di Jawa Barat.

BERSAMA M. IRIAWAN: peserta lomba dari TP PKK Kota Bandung bersama M. Iriawan waktu menjabat sebagai Pj Gubernur Jabar.

’’Potensi itu menjadi lebih menarik karena disajikan dengan kreativitas budaya olah pangan yang menarik dan inovatif. Serta memi­liki peluang berkembang menjadi rintisan industri,’’ jelas Eric.

Kegiatan yang diberi nama Food Ethnic ini di­gelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar ini merupakan bagian dari kampanye pemanfaatan bahan lokal bagi usaha industri pangan di Jawa Barat sekaligus upaya peng­anekaragaman pemanfaa­tan bahan pangan.

RAIH JUARA: TP PKK Kota Bandung didukung Disdaging pernah meraih juara ke dua pada lomba olahan makanan.

“Pengembangan Industri olahan pangan berbasis komoditi lokal merupakan salah satu upaya yang mendorong pengembangan ekonomi berbasis poten­si lokal dengan menekan­kan pada perolehan nilai tambah pada sumber daya lokal,” kata Kepala Disda­gin Kota Bandung Eric M. Atthauriq.

Terdapat beberapa po­tensi lokal yang telah di­kembangkan dengan ino­vasi dan kreatifvitas yang melibatkan masyarakat. Mereka berhasil tidak hanya di pasar lokal namun juga di skala regional. (adv/yan)

Pemenang Lomba Cipta Menu Olahan Pangan 2017

  • Juara 1: Kabupaten Cirebon
  • Juara 2: Kota Bandung
  • Juara 3: Kota Cirebon
  • Juara Haraoan 1: Kota Cimahi
  • Juara Harapan 2: Kabupaten Bandung
  • Juara Harapan 3: Kabupaten Tasik malaya
  • Juara Favorit: Kota Bogor

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan