Pilih Sekda Dari Luar Bandung

BANDUNG — Dengan berbagai pertimbangan dan diskusi bersama Wakilnya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil akhirnya menetapkan Asisten Perekonomian dan Pemerintahan Setda Kota Cimahi, Benny Bachtiar sebagai Sekretaris Daerah (Sekda).

” Saya sudah kaji dan diskusi bersama Mang Oded sebagai calon yang akan menggunakan sekda ini lima tahun ke depan akhirnya dipilih Pak Benny untuk menjadi Sekda Kota Bandung nanti,”jelas Ridawan kepada Wartawan kemarin (20/7)

Menurutnya, Benny merupakan orang berpengalaman yang dibutuhkan lima tahun ke depan untuk mendampingi Oded sebagai wali kota terpilih periode 2018-2023. Sehingga, calon sekda nantinya akan diajukan ke Kementerian Dalam Negeri.

“Pertimbangannya, banyak sekali. Tapi intinya tiga nama besar itu baik. Pak Ema sangat baik, Pak Salman sangat baik, dan Pak Benny sangat baik. Tapi dari hasil wawancara dan masukan dari Pak Oded, sosok Pak Benny Bachtiar yang dibutuhkan,” katanya.

Disinggung soal Benny bukan berasal dari lingkungan Pemkot Bandung, Emil menilai hal tersebut biasa dalam dunia birokrasi.
Sebab, orang yang dimandatkan tersebut dinilai mampu beradaptasi dan bekerja dengan baik di tempat kerja barunya.

“Silakan selidiki, hal ini biasa (memilih dari luar Pemkot Bandung). Dalam dunia kebirokrasian siapa pun yang terpilih, dari mana saja, itu akan beradaptasi maksimal untuk kepentingan tempat kerjanya yang baru. Kami meyakini itu,” katanya.

Emil yang akan segera dilantik sebagai Gubernur Jabar 2018-2023 mengaku akan turut membimbing Benny agar dipastikan bisa memiliki kinerja dan prestasi Kota Bandung yang baik.

“Saya akan memastikan prestasi-prestasi Pak Yossi (eks Sekda Kota Bandung) yang selama ini luar biasa bisa dipertahankan oleh sekda baru,” ujarnya.

Di lain pihak, Pemerintah Kota Bandung juga telah menentukan tiga kepala dinas atau badan baru. Ketiga posisi tersebut untuk Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) yang diisi oleh Dadang Darmawan, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) oleh Yayan A Brilyana, dan Kepala Inspektorat Fajar Kurniawan.

“Posisi itu semua (sekda, kepala dinas, dan badan), hari Senin akan segera diproses ke tingkat nasional,” kata dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan