Perbanas Panen Lele

CICALENGKA – Persatuan Bank Nasional (Perbanas) Jabar melaksanakan panen perdana Lele di Desa Asuh Perbanas Jabar di Kampung Cikahuripan, Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka, kemarin. (5/9).

Panen perdana ikan lele yang dikelola kelompok tani ternak Hurip Mukti ini dihadiri oleh Sekda Jabar, Dr. Iwa Karniwa, DR. Marlan STP, MS.i Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Kabupaten Bandung, Ketua Umum Jabar Perbanas Joe Rudi Kurniawan beserta rombongan, camat Cicalengka H. Entang Kurnia, Kepala Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen Riwin Mirhadi, Ketua OJK Kanreg II Jabar dan perwakilan universitas widyatama.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa mengatakan, program ini merupakan kerjasama antara Pemprop Jabar dengan perbanas termasuk juga dengan para kelompok ternak yang berada di Desa Nagrog.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat, kita turun langsung ke kelompok bukan seremonial belaka,” ungkap Sekda.

Menurut Iwa, Panen perdana lele ini merupakan bukti konkret program Perbanas dengan pemerintah. Sehingga, dengan cara cara sederhana ini diharapkan kesejahteraan warga desa bisa meningkat.

“Hari ini pemberdayaan sudah dapat dilihat hasilnya dengan baik. Artinya, hasil produksinya ada, pasarnya juga ada,” ungkapnya.

Iwa berharap kedepan program ini dapat berkembang untuk kelompok dan desa lainnya dengan melakukan budidaya-budidaya lainnya.

Iwa mengatakan, untuk budidaya bagi warga desa sebetulnya Pemprov juga sudah memiliki program sama di Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya dan Banjar dengan dikembangkan ayam petelor.

“Tadinya masyarakat tidak memiliki pendapatan, dengan program bisa berdaya dan mempunyai penghasilan perhari sebesar Rp. 9000 rupiah,” ungkap Iwa.

Dia menambahkan, untuk panen lele yang dilakukan kelompok petani ini harus mau berbagi ilmu dengan warga desa lainnya. Sehingga, program ini akan dapat berkembang cepat dan meningkatkan taraf hidup masyarakat desa.

Selain itu, Pemprov Jabar juga memiliki program yang baru di gagas yaitu satu desa satu kelompok usaha, satu Pesantren Satu Usaha,” program ini dalam rangka meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan.

Di tempat yang sama, Ketua Perbanas Jabar Joe Rudi Kurniawan mengutarakan, rencana program Perbanas kedepan. Akan tetap dilakukan dengan membinaan kelompok ikan lele.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan