Optimis Program Terealisasi

BANDUNG – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial optimis program-program pemerintah Kota (pemkot) Bandung akan berjalan dalam lima tahun kedepan. Hal itu seiring dengan ditetapkannya Rancangan Anggaran Penda­patan Belanja Daerah (RAPBD) 2019 dan Rencana Pembangu­nan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Oded mengatakan, secara umum RAPBD 2019 penda­patan mencapai Rp 6,04 tri­liun. Kedua untuk belanja sebesar Rp 6,61 triliun, terdiri dari Belanja Tidak Langsung sebesar Rp 2,83 triliun dan Belanja Langsung Rp3,78 tri­liun serta Pembiayaan Netto sebesar Rp 568,65 miliar.

Sementara untuk, Penda­patan Asli Daerah (PAD) da­lam komposisi pendapatan 2019 cukup signifikan yaitu sebesar Rp 3,05 triliun dari total pendapatan sebesar Rp 6,04 trilun atau naik 50,51 persen.Sedangkan untuk komposisi belanja langsung dibanding belanja tidak langs­ung adalah 57,15 persen ber­banding 42 persen.

“Lebih besarnya komposisi belanja langsung tersebut menunjukan keberpihakan APBD untuk kepentingan publik,’’jelas dia ketika ditemui usai sidang paripurna.

Sementara itu, Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna bersyukur atas penetapan Raperda tersebut. Pasalnya, Pemkot Bandung dapat me­nyelesaikannya sesuai tenggat waktu yanh ditetapkan.

“Ini pertanda baik menunju­kan antara eksekutif dan legislatif melalui Tim Ang­garan Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran (Banggar) bisa berjalan sang­at baik,” kata dia.

Ema menambahkan, dengan bobot anggaran Kota Bandung Rp 6,04 triliun di merasa yakin dapat menyejahteraan masy­arakat di antaranya melalui pendidikan dan kesehatan.

Untuk Belanja urusan pendi­dikan Ema menyebut APBD Kota Bandung akan mengalo­kasikan sampai mencapai 24, 25 persen. Hal ini telah mele­bihi batas sesuai peraturan pe­rundang undangan yang menga­manatkan lebih dari 20 persen.

Sedangkan anggaran be­lanja urusan kesehatan men­capai 22,44 persen hal terse­but telah melebihi batas se­suai peraturan perudang-undangan yang mengama­natkan minimal 10 persen.

Semua sudah mengakomo­dir janjikan kepala daerah dan wakil kepala daerah.

’’Ada 26 janji dan sudah te­rangkum dalam Ranwal RPJMD, dari proses ini ada turunan 74 program yang nantinya akan di breakdown lagi,” kata dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan