OASE Kabinet Kerja Kampanye Serviks

BANDUNG – Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja bersinergi dengan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jawa Barat dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dalam kegiatan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim pada Perempuan melalui Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, kabupaten Sumedang (24/02).

Pemeriksaan IVA ini masuk dalam rangkaian kegiatan Seminar “Pola Asuh Anak dan Remaja dengan Penuh Cinta dan Kasih Sayang” yang diselenggarakan OASE Kabinet Kerja di IPDN Jatinangor. Kegiatan tersebut sasaran pesertanya dari anggota Pembinaan Kesehatan Keluarga (PKK) Pusat dan PKK Wilayah Jawa Barat, Dharma Wanita Kementerian Dalam Negeri dan Unit IPDN, serta anggota Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak (TK) Indonesia (GOPTKI) Wilayah Jawa Barat.

Dalam siaran persnya, pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan wujud apresiasi khususnya bagi PKK, Dharma Wanita dan GOPTKI yang telah berpartisipasi dalam kegiatan seminar, serta merupakan upaya untuk mendukung penuh program promotif dan preventif, khususnya program Deteksi Dini Kanker Serviks bagi Wanita Indonesia.

”Sebagai penyelenggara program JKN-KIS yang sudah empat tahun beroperasi, BPJS Kesehatan siap mengawal dan menyukseskan misi OASE. Dalam meminimalisir angka penderita kanker serviks di Indonesia. Terlebih, program pemeriksaan IVA tersebut sejalan dengan implementasi program promotif preventif yang senantiasa dilakukan BPJS Kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan penduduk Indonesia,” kata Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat Mohammad Edison, saat menghadiri kegiatan tersebut (24/02).

Edison menambahkan, deteksi dini kanker serviks masuk dalam skema pembiayaan program JKN-KIS. Sebagai informasi, kanker serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal, oleh karena itu sebaiknya lakukan skrining kesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini bagi peserta JKN-KIS.

Kegiatan Pemeriksaan IVA bersinergi dengan OASE Kabinet Kerja di IPDN Jatinangor (24/02) berjalan dengan lancar dan menjaring sekitar 300 orang, bekerjasama dengan pihak IPDN, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dan Puskesmas Jatinangor.

Pada tahun 2017, secara Nasional terdapat 238.010 peserta JKN-KIS yang telah menjalani pemeriksaan IVA. Khusus untuk Kedeputian Wilayah Jawa Barat terdapat 11.538 peserta JKN-KIS yang telah menjalani pemeriksaan IVA.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan