Kreativitas Tanpa Batas, Dari Limbah Kayu Bernilai Seni

91
Kreativitas Tanpa Batas
HASIL KARYA: Rohimat memperlihatkan salah satu karya terbaiknya berupa gambar Presiden RI.

NGAMPRAH – Siapa sangka limbah kayu yang biasa dibuang dan tidak ada manfaatnya justru menjadi barang berharga dan bernilai ekonomi di tangan Rohimat Hermawan,54, Warga Kampung Caringin, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Barang yang sudah tidak terpakai tersebut dirubah melalui kreativitasnya menjadi karya seni bernilai jutaan rupiah dengan membuat gambar siluet dari para tokoh negeri hingga orang biasa.

Laporan Hendrik Kaparyadi, KBB

Bakat seninya sudah muncul sejak Rohimat masih remaja. Dia mulai menekuni karya siluet sejak dua tahun terakhir secara otodidak.

Pada awalnya keinginan ini tercetus melihat banyaknya libah kayu yang dibisarkan begitu saja. Sehingga, munculah ide dari Rohimat  untuk memanfaatkan limbah tersebut.

Lihat Juga:  Dicky Tak Mungkin Bawa Cek Kosong

Beberapa karya seperti para tokoh nasional maupun mancanegara pernah dibuat siluet oleh Rohimat di antaranya Presiden RI Joko Widodo, Proklamator Soekarno-Hatta, Bruce Lee, Michael Jackson, dan juga Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

’’Ya pada awalnya saya coba-coba, dan responya Alhamdulillah banyak yang mengapresiasi karya saya,” jelas Rohimat ketika ditemui kemarin (21/2)

Selain foto para tokoh, untuk memuaskan konsumen dia juga bisa membuat siluet foto-foto pribadi sesuai dengan permintaan.

Sambil disuguhi segelas the hangat dikediamannya, Rohimatberbagi cerita mengenai proses membuat karya seni tersebut.

Mula-mula disiapkan limbah kayu dari berbagai jenis kemudian dihaluskan. Media kayu biasanya berbentuk lingkaran berukuran 36-40 cm ataupun persegi panjang 50×70 cm persegi.

Lihat Juga:  Lewis Prediksi Bahrain Milik Ferrari

“Foto tersebut kami edit dulu dan langsung dibuat siluetnya dengan cara diukir,” terangnya.

Salah satu, proses tersulit adalah proses mengukir. Sebab, harus dilakukan dengan sangat teliti agar bisa membentuk detail gambar dan karakternya. Salah sedikit saja, pembuatan siluet harus diulang dari awal.

Untuk pembuatan satu karya siluet, Rohimat membutuhkan waktu sekitar tiga hari. Itupun mulai dari mengedit foto, mencari karakter objek, hingga membuat siluetnya.

Dalam membuat gambar siluet ini, Rohimat banyak menghasilkan gambar para tokoh. Bahkan, sejumlah tokoh nasional hingga dunia pernah dibuatnya menjadi karya siluet berbahan triplek ini.

Lihat Juga:  BI Fokus Kendalikan Inflasi

“Jadi bahan-bahan yang diperlukan mudah dan murah sebab memanfaatkan limbah dari pabrik di sekitar rumah saya,” katanya saat memamerkan karyanya di Padalarang.

Rohimat mematok harga siluet mulai dari Rp 150 ribu hingga jutaan rupiah, bergantung pada ukuran medianya serta tingkat kesulitan membuatnya. Tak hanya membuat siluet wajah orang, Rohimat juga bisa membuat karya-karya lain, seperti kaligrafi dan gambar lainnya.

“Pemesanan siluet ini tidak hanya di dalam negeri tapi hingga ke luar negeri. Pemasaran dilakukan melalui media sosial karena lebih mudah dan cepat,” pungkasnya. (yan)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.