Juara 1 Juz Tilawah Putra Pada MTQ

NGAMPRAH– Pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-35 Tingkat Jawa Barat Tahun 2018 yang digelar di Kabupaten Sukabumi, menorehkan prestasi pada cabang Hifzh Al-Quran pada golongan 1 Juz dan Tilawah Putra oleh Muhammad Abdullah Adli dengan nilai 588. Adli diketahui saat ini masih duduk di sekolah dasar yang tinggal di Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat yang mampu mengalahkan peserta lainnya dari kabupaten/kota di Jawa Barat.

Kabag Kesra Kabupaten Bandung Barat, Asep Hidayatulloh mengapresiasi prestasi yang disumbangkan Adli dengan meraih juara pertama dalam cabang 1 Juz dan Tilawah. Sebab, Adli yang saat ini masih duduk di sekolah dasar sudah memiliki kemampuan luar biasa dalam tilawah 1 Juz pada Al-Quran. “Kami akan anggarkan untuk uang kadeudeuh bagi Adli setara dengan ongkos naik haji yakni sebesar Rp35 juta dan akan dianggarkan di tahun 2019,” katanya di Ngamprah, kemarin.

Asep menyatakan, diharapkan ke depan ada lagi penerus seperti Adli yang mampu berprestasi membawa nama baik Kabupaten Bandung Barat. Karena, wilayah Kabupaten Bandung Barat sangat besar potensi yang ada di masing-masing pondok pesantren. “Rencananya Adli akan diberangkatkan ke Medan pada Agustus mendatang mewakili wilayah Jawa Barat dalam perlombaan serupa,” katanya.

Namun demikian, kata dia, secara umum pada MTQ tahun 2018 tingkat Jawa Barat, Kabupaten Bandung Barat berada diposisi ke-18. Angka ini jauh dari target sebelumnya yang direncanakan berada di posisi 5 besar. “Ini akan menjadi evaluasi bersama agar terus melakukan pembinaan dan pelatihan agar ke depan prestasi MTQ bisa jauh lebih baik,” terangnya.

Sementara, untuk juara umum diraih oleh Kota Bandung dan juara kedua oleh Kabupaten Bandung. Seperti diketahui, Kabupaten Bandung Barat mengirimkan kafilah yang terdiri atas 40 putra dan putri untuk berjuang menorehkan prestasi pada kegiatan MTQ. Sejumlah cabang diperlombakan di antaranya Tilawah Al-Quran, Qari, Hifzh Al-Quran, Tafsir Al-Quran, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Fahm Al-Quran dan Syarh Al-Quran. (drx)

Tinggalkan Balasan