Harapan Hidup Lansia Capai 70 Tahun

BANDUNG – Ketua Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Jabar, Nukman Abdul Hakim mengatakan harapan hidup masyarakat Jabar berada di usia 70 tahun.

Khususnya Kota Bandung telah mencapai harapan hidup di usia 75 tahun. Angka ini telah setara dengan angka harapan hidup Malaysia yang berada pada usia 75 tahun, menyusul Singapura di usia 80 tahun.

“Artinya Kota Bandung sukses melaksanakan peran dalam menangani lansia. Bahkan Bandung adalah kota dengan harapan hidup tertinggi setelah Yogyakarta,” katanya, seperti yang dilansir Ayobandung.com Minggu (19/8), dalam acara Hari Lanjut Usia Nasional ke 22, di Taman Film.

Kota Bandung adalah satu-satunya kota yang menaruh lansia dibawah penanganan kedinasan. Mereka berada di bawah Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM). Dia menilai lansia bukanlah sampah, tetapi orang yang perlu dibahagiakan dan diberi ruang.

“Untuk itu kita punya program senam tiga kali dalam seminggu di halaman Gedung Sate atau wisata bersama LLI,” ujarnya.

LLI didirikan pada tahun 1998 oleh tokoh masyarakat Jawa Barat seperti Mashudi, Nuriana, dan Solihin. Jawa Barat menjadi pionir hadirnya LLI di semua provinsi di Jabar hingga tingkat Nasional.

Dalam peberjalanannya, LLI senantiasa mendukung lansia dan program pemerintah yang berada di bawah DP3APM.

Nukman berharap, apa yang telah berjalan dengan baik di Kota Bandung khususnya pada lansia dapat diterapkan ke Jawa Barat.

“Semoga Kang Emil bisa melanjutkan program-program buat Lansia di Jawa Barat supaya bisa sama-sama bahagia seperti yang dilaksanakan di Bandung,” harapnya. (ayo/yan)

Tinggalkan Balasan