Aset Sunjaya Disimpan di Deni

SEJUMLAH aset-aset milik tersangka Bupati Cirebon Dr Sunjaya Purwadisastra MM MSi diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sabtu (27/10). Aset berupa sertifikat itu didapat dari rumah ajudan bupati, Deni Syafrudin, di perumahan elit Kedawung Regency 3.

Proses pengamanan sejum­lah aset tersebut berlangsung lama. Sebelumnya, tujuh orang dari lembaga antirasuah itu tiba di rumah ajudan sekitar 10.45 pagi. Dari rumah Deni itu, lima orang laki-laki dan dua orang perempuan petu­gas KPK membawa dua tas koper berwarna hitam dan biru. Selama proses pengge­ledahan, sesekali tim KPK melakukan canda tawa.

Bukti-bukti asset Sunjaya tersebut diboyong ke dalam mobil. Ada tiga mobil yang digunakan tim KPK. Semua­nya bernopol Cirebon, E 1415 MM, E 14 72 CK dan E 1474 LJ. Sekitar pukul 14.42, tim KPK meninggalkan lokasi.

Pantauan Radar, selama pro­ses penggeledahan dan peng­amanan aset-aset bupati, aju­dan bupati Deni Syafrudin ada di lokasi. Terlihat juga hanya ada satu mobil di rumah Deni. Mobil Toyota Yaris putih berno­pol E 1509 MM.

Usai penggeledahan, Deni mengakui kedatangan tim KPK ke rumahnya itu untuk menga­mankan aset milik bupati berupa sertifikat. ”Aset milik pak bupati yang ada di rumah saya, semuanya dibawa oleh KPK,” singkat Deni sambil menutup pintu mobil miliknya.

Dia enggan banyak bicara. Dia berdalih harus men­dampingi rombongan tim KPK menuju pendopo bupati (ru­mah dinas, red). Namun, hingga sore tim KPK belum juga muncul di pendopo Bu­pati Cirebon di Jalan Kartini No 1, Kota Cirebon.

Pantauan Radar Cirebon, pintu gerbang depan pen­dopo tertutup rapat. Selain itu, tidak tampak satu pen­jaga pun di pos jaga. Rumah dinas terlihat senyap seperti tak berpenghuni. Informasi yang didapat koran ini, seluruh keluarga bupati yang tinggal di pendopo sudah tidak me­nempati lagi rumah dinas.

Kemarin (28/10) KPK melaku­kan penggeledahan di rumah Satria Robi Saputra di rumah Robi, kompleks Kinaya Regency, Kecamatan Kedawung, Kabu­paten Cirebon, Jawa Barat. Satria merupakan anak Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra, dari rumah tersebut KPK menyita dua unit mobil.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan