Ratusan Ribu Anak Diimunisasi MR

jabarekspres.com, SOREANG – Sekitar 986.726 anak usia sembilan bulan hingga 15 tahun, bakal mendapatkan imunisasi Measles dan Rubella (MR) pada bulan Agustus dan September mendatang. Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Sofian Nataprawira, dalam acara sosialisasi imunisasi MR di Gedung Korpri komplek Pemkab Bandung, kemarin (19/7).

“Dari jumlah total tersebut, anak – anak dipastikan harus mendapatkan imunisasi MR. Ini dilakukan demi menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas, sehat, cerdas bebas virus campak dan rubella,” kata Sofyan.

Imunisasi yang dilakukan serentak seluruh Indonesia itu lanjutnya, diharapkan bisa terlaksana sepenuhnya di Kabupaten Bandung. Dia juga berharap, Perangkat Daerah (PD), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan persatuan perawat indonesia, agar memberikan pemahaman yang benar dan utuh pada masyarakat.

“Kita harapkan agar semua elemen yang terlibat bisa memberi pamahaman yang benar dan utuh tentang rencana kampanye MR ini nanti,” imbuhnya.

Dukungan tersebut lanjutnya harus mendukung tercapainya eliminasi campak dan pengendalian rubella pada tahun 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Achmad Kustijadi menjelaskan, imunisasi MR dimaksudkan untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella.

“Semua elemen yang terlibat juga harus bisa aktif, sehingga sasaran memutus transmisi penularan virusnya, sesuai sumber data sebanyak 986.726 orang anak untuk tahun 2020 eliminasi MR bisa terwujud,” harapnya

Menurut Achmad, sosialisasi akan dilakukan oleh tenaga kesehatan, baik dari pelayanan kesehatan milik pemerintah dan swasta di sekolah, serta di masing-masing pelayanan kesehatan seluruh Kabupaten Bandung.

“Meski pelaksanaan imunisasi akan dilaksanakan pada Agustus, sosialisasi kami intensifkan kembali agar masyarakat mengetahui kapan dan apa manfaatnya” ujarnya.

Dia menuturkan sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan pemahaman masyarakat soal fungsi imunisasi yang dilakukan. Selain itu, sosialisasi juga bertujuan mengurangi potensi terjadinya penolakan untuk dilakukan imunisasi.

“Makanya, dalam sosialisasi kami mengundang para Kepala Sekolah SD dan SMP (sederajat), dari unsur pendidikan, rumah sakit dan pelayanan kesehatan swasta, serta tenaga medis,” pungkasnya (rus/gun)

CAPTIONS

HARUS MERATA: Sekda Kabupaten Bandung Sofyan Nataprawira menyosialisasikan pentingnya Imunisasi MR bagi anak, di Gedung Korpri Komplek Pemkab Bandung. kemarin, (19/7)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan