Memperkenalkan Seni Digital Melalui BIDAF 

jabarekspres.com – Bandung Internasional Digital Arts Festival (BIDAF) kembali digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat pada Selasa-Kamis (5-7/12) di Gedung Serba Guna Universitas Telekomunikasi Jl Telekomunikasi Nomor  1 Bandung. Acara dibuka Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan bertujuan agar Jawa Barat dijadikan sebagai pusat perkembangan seni digital di Asia Tenggara dan sebagai ujung tombak produksi serta pendidikan seni digital di Indonesia. Selain itu, seni dital sebagai icon mempopulerkan khususnya Bandung sebagai destinasi pariwisata budaya internasional.  Hal ini juga sebagai partisipasi aktif untuk mewujudkan program ekonomi kreatif yang dicanangkan pemerintah. “Kegiatan ini juga bertujuan memperkuat posisi Indonesia dalam arena persaingan pasar global di bidang industry kreatif,” tambahnya.

Ida mengatakan kegiatan BIDAF ini merupakan paduan event seni dan pasar digital yang berlangsung 3 hari di kampus Universitas Telekomunikasi, Bandung. Meliputi pameran seni digital berbagai genre, pertunjukkan seni digital berbagai bentuk, lokakarya seni digital dan penjualan perlengkapan yang berkenaan dengan teknologi seni digital. Narasumber merupakan praktisi seni digital dalam dan luar negeri, Australia, Germany, Prancis, Philipina, Canada dan Thailand.

Perlu diketahui, bahwa perkembangan seni digital di Jawa Barat masih sangat terbatas. Universitas yang memiliki program studi seni digital secara lengkap belum ada di Jawa Barat. Dengan kata lain, masyarakat Jawa Barat masih belum menyadari adanya sebuah ruang gerak kehidupan budaya baru yang bernama Digital Arts. “Ini harus segera disosialikan kepada masyarakat banyak. Masyarakat harus secara kongkrit diberikan informasi lengkap bahwa kehadiran seni digital dewasa ini dapat memberi peluang baru bagi generasi muda Jawa Barat khususnya untuk memiliki dan membuka lapangan pekerjaan baru,” paparnya.

Oleh karenanya, lanjut Ida, atas dasar hal tersebut pemerintah Provinsi Jawa Barat, bermaksud mengadakan sebuah festival internasional seni digital di Kota Bandung, yang kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan Disparbud Jabar, dengan nama Bandung Internasional Digital Arts Festival (BIDAF). (SG/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan