Lanjutkan Pembangunan Pasar Atas

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Pembangunan Pasar Atas Barokah (PAB) akan kembali dilanjutkan. Pasar yang pembangunannya sempat terhenti akibat kontraktornya yang tidak dapat menyelesaikan dengan tepat waktu ini, rencananya akan kembali dilanjutkan pada Juni 2017.

Sebelum pembangunan PAB dilanjutkan, pemerintah Kota Cimahi akan melakukan konsultasi manajemen kontruksi untuk menindaklanjuti kontruksi yang belum selesai. Sehingga diharapkan pada Mei sudah ada gambaran kontruksinya.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koprasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Kabid Diskopindagtan) Kota Cimahi Muhammad Sutarno mengungkapkan, pembangunan yang rencananya akan mulai dilanjutkan ini. Pada Juni rencananya akan memasuki pelaksanaan pembangunan fisik dengan tiga tahap.

Untuk tahap pertama direncanakan pembangunan pada lahan parkir termasuk ruang terbuka hijau (RTH) serta pemasangan tiang besi dan pondasi. Untuk zona basah sudah beres 100 persen dan pengerjaan bangunan baru 30 persen.

Sutarno menjelaskan, pembangunan PAB tahap pertama dengan anggaran sebesar Rp 43 miliar, akan dikerjakan dalam tiga paket, yakni kontruksi pembangunan gedung zona basah, penataan sarana prasarana pendukung dan kontruksi bangunan gedung.

Pembangunan tahap pertama ini lanjutnya, dipecah menjadi tiga paket pekerjaan dengan nilai paket yang berbeda dan perusahaan yang berbeda pula berdasarkan hasil tender.

”Untuk konstruksi bangunan zona basahan dikejakan oleh PT Ditaputri Waranawa dengan total anggaran Rp 4,2 miliar, paket sarana prasarana pendukung oleh PT Citra Prasasti Konsorindo senilai Rp 8,9 miliar, sementara untuk paket konstruksi bangunan gedung dikerjakan oleh PT Ayu Mustika Rizki dengan nilai Rp 28,3 miliar,” jelas Sutarno saat ditemui di ruang kerjanya, Komplek Pemerintahan Kota Cimahi, Jalan Demang Hardja Kusuma, kemarin (23/2).

Dikatakannya, dalam pembangunan tahap dua nanti kemungkinan besar juga akan dipecah menjadi tiga paket, pengerjaan dinding, plumbing sistem, dan elektrikal mekanikal. ”Tahap dua ini lebih kepada finishing,” katanya.

Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Cimahi, Benny Bachtiar mengatakan, Untuk pembangunan tahap kedua PAB diperkirakan akan dimulai pada Juni 2017. Pembangunan tahap dua ini rencananya akan dikerjakan sampai selesai tahun ini.

Dia melanjutkan, untuk saat ini pihkanya tengah melakukan evaluasi mengenai kebutuhan untuk pembangunan tahap kedua nanti. ”Di-review kembali, apakah tetap Rp 92 miliar , atau mungkin bisa kurang dari itu. Sekarang masih lelang perencanaan,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan