Akses Jembatan Cipamingkis Amblas

AMBLAS: Jembatan Pamingkis amblas pada Kamis (13/4) malam.

jabarekspres.com, BOGOR – Akses Jalan Transyogi Cibubur-Cianjur tepatnya di Kampung Jagaita, Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor terputus. Penyebabnya, Jembatan Cipamingkis atau Jembatan Jagaita Jonggol ambruk, pada Kamis (13/4) sekitar pukul 23.00.

TERGERUS AIR: Jembatan Pamingkis amblas pada Kamis (13/4) malam. Pondasi jembatan milik Pemprov Jabar tersebut tergerus air.
TERGERUS AIR: Jembatan Pamingkis amblas pada Kamis (13/4) malam. Pondasi jembatan milik Pemprov Jabar tersebut tergerus air.

Menurut info yang dihimpun, Jembatan tersebut milik Pemprov Jabar yang mnghubungkan Jonggol-Cariu ini dibangun 30 tahun lalu seiring dengang dibukanya Jalan yang dinamai Transyogi (nama mantan gubernur Jabar Moch. Yogie Suardi Memet).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus membenarkan, jembatan tersebut terputus yang diakibatkan dari arus air sungai yang cukup deras mengikis salah satu tiang penyangga jembatan bagian tengah. Sehingga menimbulkan pergeseran pada tiang penyangga.

”Jembatan tersebut adalah jembatan penghubung vital pada jalur poros tengah timur. Dengan bergesernya tiang penyangga tersebut mengakibatkan jembatan patah pada sambungan bagian tengah,” kata Yusri, kemarin (14/4).

Meskipun dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, lanjut Yusri, namun dengan kejadian tersebut mengakibatkan terputusnya akses jalan antara Jonggol-Cariu, maupun dari Cariu ke Jonggol.

Yusri mengungkapkan, adapun rekayasa lalulintas yang dilakukan adalah mengarahkan kendaraan akan menuju Cariu melalui Jalur Cibarusah.

Alternatif sementara arus kendaraan kecil yang dapat dilalui dari Jonggol ke arah Cariu dan atau sebaliknya. Atau kendaraan memutar melalui Cibarusah, Desa Sirnajati ke Kampung Rawabogo, Desa weninggalih keluar Jalan Transyogi.

Pilihan lain, memutar melalui Kecamatan Sukamakmur-Gunung Batu, Desa Sukaharja-Menteng, Desa Sukadamai-Kampung Mengker, Desa Sirnagalih. (yul/rie)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR