Secara Fungsional Sudah Siap Digunakan, Hanya Tinggal Akses Venue

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Tempat pertandingan (venue) Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 sudah bisa digunakan untuk berlatih tim Pelatda Jabar. Namun sebagian akses dan sarana pendukung venue belum semuanya siap.

”Sebetulnya kalau yang sudah selesai dan sudah bisa dipakai itu cukup banyak. Seperti panjat tebing, judo, pacuan kuda, veledrome, Pajajaran, Stadion Pakansari, Wibawa Mukti, Patriot, BMX dan lainnya. Secara prinsip sudah siap, hanya aksesnya belum siap seluruhnya,” ungkap Ketua Bidang Sarana dan Prasarana PB PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jabar, Boy Iman Nugraha.

Boy mengatakan, akses tersebut sengaja dilakukan belakangan. Yang paling utama dan menjadi fokusnya selama ini yakni selesainya sarana pertandingan.  ”Kita utamakan mengejar arena atau gelanggangnya terlebih dahulu. Fungsional itu dulu. Sekarang kalau jalan bagus, tapi lapangan tidak bagus kan tetap tidak bisa digunakan,” jelasnya.

Boy yakin target akhir Juni 2016 untuk segera merampungkan venue dapat terselesaikan. Dengan demikian, multieven olahraga nasional empat tahunan di Jabar bisa dilaksanakan dengan sukses.

”Pada bulan Juli akan dilakukan tes event dulu. Sehingga di bulan Agustus bisa benar-benar dipakai 100 persen,” tegasnya.

Saat ini, lanjut Boy, baru venue menembak di Cisangkan Kota Cimahi yang sudah selesai dari segi pembangunan maupun sarana pendukung lainnya. Venue menembak bisa rampung karena rehabilitasi venue dibantu oleh KONI Jabar dan Perbakin Jabar sehingga terselesaikan secepatnya.

”Di sini (venue Cisangkan) semua terlibat sehingga pembangunan rehabnya bisa selesai dengan cepat dan sesuai standar,” tambahnya.

Terkait venue tenis lapangan di Taman Mauluku, saat ini baru selesai proses lelang dan pengumuman pemenang lelang akan dilakukan dalam waktu dekat. Rencananya, venue tenis lapang akan diperbaiki lapisan permukaan. Renovasinya tidak terlalu besar untuk tenis lapangan. Dan melihat ini, saya yakin venue tenis lapang bisa digunakan pada saat PON XIX nanti,” pungkasnya. (kon/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan