Pilih 20 Finalis The NextDev 2016

Telkomsel Gali Potensi Keberagaman Mobile Apps Developer Tanah Air

2
BERADU GAGASAN: Para peserta mempresentasikan idenya dalam membuat aplikasi berbasis smartphone dalam ajang seleksi finalis The NexDev 2016 belum lama ini

Pendidikan Indonesia menuju arah lebih maju, terutama bidang teknologi informasi. Ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti kompetisi The NextDev 2016.

———–

SEBANYAK 20 finalis siap bersaing dalam putaran final The NextDev 2016. Keduapuluh finalis kompetisi mobile apps developer muda ini berasal dari berbagai daerah se-Indonesia. Mereka sudah melalui tahapan kualifikasi tingkat regional dan seleksi tingkat nasional yang berlangsung sejak awal Oktober 2016.

Sebagai perusahaan yang peduli terhadap masa depan generasi muda Indonesia, Telkomsel selalu berupaya untuk turut mendukung peningkatan kualitas dan kapasitas generasi muda kita. Pada momen Hari Sumpah Pemuda lalu, kami mengumumkan 20 kelompok anak muda berprestasi yang berhasil terpilih menjadi finalis kompetisi The NextDev 2016,” ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati dalam siaran pers yang diterima Bandung Ekspres kemarin (1/11).

Lebih lanjut Adita menambahkan, 20 finalis The NextDev yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia kaya akan potensi kreativitas dari mobile apps developer muda yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air. Antusiasme yang sangat tinggi mulai dari periode road show yang sebelumnya telah berlangsung di 20 kota hingga proses penjurian menuju 20 besar memperlihatkan bahwa anak muda Indonesia ingin berkontribusi terhadap perubahan yang lebih baik di kotanya melalui karya-karya kreatif yang mereka lahirkan.

Lebih dari 1.000 aplikasi mobile telah terdaftar untuk berkompetisi dalam TheNextDev 2016. Dari seluruh aplikasi mobile yang masuk tersebut, dilakukan kualifikasi tingkat regional yang menghasilkan 80 kontestan. Selanjutnya, dalam seleksi tingkat nasional, proses penjurian yang berlangsung selama dua hari untuk menentukan 20 peserta terbaik dilaksanakan secara transparan dan akuntabel melalui video conference antara dewan juri baik internal maupun eksternal Telkomsel di Jakarta dan para peserta yang berlokasi di 19 titik.

Para kontestan tersebut melakukan pitching atas karya mereka di hadapan para juri yang merupakan praktisi dan pakar berpengalaman di industri digital. Di antaranya Enda Nasution (Founder Sebangsa), Andreas Senjaya (Co-Founder & CEO iGrow), dan Octa Ramayana (Academic & Research Partner Kibar).

Penjurian dinilai berdasarkan tiga parameter, yakni usability atau user experience, kesesuaian tema dan impact level, serta kesiapan produk, hingga akhirnya terpilih 20 besar finalis The NextDev 2016.

Keduapuluh solusi aplikasi The NextDev 2016 tersebut terbagi ke dalam sembilan sub tema yang telah ditentukan, yaitu agrikultur, kemaritiman, usaha kecil dan menengah (UKM), pemerintahan, energi, pariwisata, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.

Dari kategori agrikultur, finalisnya adalah Habibi Garden (Bekasi), Vestifarm (Bekasi), Taponesia (Surabaya), dan Eragano (Jakarta). Dari kategori UKM, terpilih The Denim Club (Samarinda), Kostoom (Depok), Tambaku (Malang), NonQ (Makassar), Kredibel (Serang), dan Mattreal (Surabaya). Untuk kategori pemerintahan, terdapat tiga finalis, yakni Juru Parkir (Yogyakarta), Kentongan (Yogyakarta), dan Meetchange (Depok). Dari kategori pendidikan, dua finalis yang terpilih adalah Tutormu (Tangerang Selatan) dan Dengerin (Yogyakarta).

Selain itu, BudidayaKu (Samarinda), Angkuts (Pontianak), Tuntun (Denpasar), AppsKep (Pekanbaru), Tiketbusku (Makassar) menjadi satu-satunya finalis dari masing-masing kategori kemaritiman, energi, pariwisata, kesehatan, dan transportasi.

Keduapuluh finalis ini selanjutnya mengikuti serangkaian kegiatan bootcamp yang dipusatkan di Bandung Digital Valley pada awal November 2016. Para finalis akan memperoleh pelatihan dan pendampingan secara intensif dari beberapa pakar untuk mengembangkan technical maupun soft skills, mulai dari teknik melakukan coding, marketing skills, hingga communications skills.

”Setelah bootcamp, tahapan seleksi final akan diadakan untuk menentukan tiga tim terbaik yang memperoleh hadiah utama yang disebut dengan 6 M. Yakni Market Access (akses pasar), Marketing (publisitas), Mentoring (pelatihan dan pendampingan), Management Trip (study visit ke pelaku industri telekomunikasi di luar negeri), Money (uang tunai), dan Monetizing (peluang besar untuk memperoleh pendapatan melalui kolaborasi dengan stakeholder terkait),” papar dia.

Program The NextDev 2016 akan ditayangkan secara langsung mulai 13 November 2016 di stasiun televisi nasional. Penonton juga dapat berpartisipasi memilih juara favoritnya melalui polling dengan melakukan posting di akun media sosial yang mereka miliki dengan format #TheNextDev_Nama Aplikasi.

The NextDev merupakan sebuah kompetisi yang bertujuan untuk menggali potensi anak muda Indonesia dalam menciptakan mobile apps yang mampu memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat. The NextDev mengajak anak muda untuk mewujudkan imajinasi dan ide mereka dalam hal pengembangan Smart City (Kota Pintar) dan daerah pedesaan, serta menjadi bagian dari program untuk membentuk masa depan Indonesia yang lebih baik. (rls/fik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here