Pertemukan Petani Kopi dan Pembeli

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Melalui Forum Pehutanan Sosial ( PeSoNa), pemerintah terus berupaya mempertemukan antara produsen dan buyers. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, disela peresmian Kedai Kopi Cenghar, mencontohkan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) sebagai produsen dengan sejumlah kedai kopi sebagai buyers.

Lanjut dia, selain pemberian akses legal dan penguatan kelembagaan petani hutan menjadi korporasi. Ada program kemitraan lingkungan yakni pembentukan 2500 komunitas penyelamat sumber daya alam dan lingkungan hidup, 11 penerima kalpataru dan 1,6 juta hektar membangun atau memelihara hutan melalui CSR.

Pembiayaan anggaran Tahun 2017 akan diarahkan untuk mengenbangkan dan mengoptimalkan pembiayaan kreatif dan inovatif. Sekaligus meningkatkan akses pembiayaan bagi Usaha Mikro Keclil dan Menengah (UMKM), mermbuka akses pembiayaan pembangunan dan investasi secara lebih luas, mendukung .

”Ini merupakan program peningkatan akses pendididkan dan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Serta menyempurnakan kualitas perencanaan investasi pemerintah dan rasio utang terhadap PDB  dalam batas aman dan terkendali hal itu disampaikan juga oleh Presiden RI Joko Widodo pada saat Rapim di Kamar Dagang Industri (Kadin),” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, di jalan Ciawitali Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Sabtu malam (3/12.

Melalui program perhutanan sosial tidak hanya bertumpu pada kegiatan pemberdayaan masyarakat tapi mulai juga mengedepankan bisnis rakyat yang dikembangkan ke bisnis ekowisata, bisnis argo-silvo-pastor, bisnis bioenergi, bisnis hasil hutan bukan kayu serta bisnis industri kayu rakyat.

Nurbaya melanjutkan, dalam rangka peningkatan kemampuan kelompok usaha perhutani sosial (KUPS) pada program perhutanan sosial dan kemitraan lingkungan pada 6-8 September 201.

”Keberlanjutan dari kegiatan festival rakyat pesona tersebut adalah dengan menyediakan outlet tempat penjualan produk hasil hutan bukan kayu melalui pesona mart pertama yang beraa di Gedung Manggala Wanabakti dan telah diresmikan pada 28 Oktober 2016,” sebutnya.

Seller meet buyer produk hasil hutan bukan kayu tidak hanya di outlet pesona mart, tetapi juga di sosial media (facebook) dengan akun PeSoNa Hutan dapai di akses pada www.facebook.com/pesonahutan/

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan