Jam Pelajaran Agama Islam Minta Ditambah

bandungekspres.co.id,NGAMPRAH – ‪Aliansi Organisasi Masyarakat Islam Bandung Barat meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Bandung Barat untuk menambah jam pelajaran Agama Islam di sekolah-sekolah. Hal itu disebabkan masih minimnya pengajaran Agama Islam di sekolah yang hanya dua jam pelajaran dalam sepekan dengan durasi sekitar 1,5 jam.

‪Ketua Aliansi Ormas Islam Bandung Barat Maulana ZA menuturkan, usulan yang disampaikan dari Aliansi Ormas Islam, lantaran kondisi jam pelajaran Agama Islam sangat kurang. Oleh karenanya, Pemda diminta bisa menambah jam pelajaran ini sesuai dengan visi Bandung Barat “Cermat” di antaranya masyarakat yang agamis.

Sebab sejauh ini, menurut dia, belum ada penjabaran lebih detail mengenai implementasi visi tersebut. ”Kami minta agar visi agamis Pemkab bisa diimplementasikan dengan jelas. Salah satunya, dengan menambah jam pelajaran Agama Islam di sekolah-sekolah,” ujarnya kepada wartawan seusai beraudiensi dengan Bupati Bandung Barar Abubakar di Ngamprah, kemarin (10/11).

Maulana menambahkan, usulan itu nantinya akan dilegislasi dengan peraturan bupati (Perbup) sebagai penjabaran dari Perda Nomor 9 Tahun 2009 tentang Wajib Belajar Diniah, Takmiliah, dan Aliah. Rencananya, tambahan jam pelajaran Agama Islam tersebut akan masuk ke dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Sementara jenjang sekolah yang menjadi sasaran, yaitu SD, SMP, dan SMA.

”Materi pelajaran Agama rencananya seputar Akidah, Akhlak, dan Ibadah, seperti salat dan salat jenazah. Ke depannya, materi bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan,” tuturnya.

‪Soal tenaga pengajar, menurut Maulana, juga sudah dipersiapkan, yakni para ustad dan pengajar agama di madrasah-madrasah. Kendati bukan guru formal, para pengajar tersebut akan menjalani serangkaian tes agar memenuhi kualifikasi untuk mengajar Agama di sekolah.

Maulana berharap agar penambahan jam pelajaran Agama Islam di sekolah-sekolah bisa lebih membentengi generasi muda dari bahaya narkoba dan kenakalan remaja lainnya. Lebih dari itu, diharapkan masyarakat terutama generasi muda lebih memahami ajaran agamanya. Sehingga bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

‪Terpisah, Bupati Bandung Barat Abubakar menyambut baik usulan Aliansi Ormas Islam Bandung Barat. Menurut dia, saat ini tengah dirancang Perbup tentang Penambahan Jam Pelajaran Agama di Sekolah.

Tinggalkan Balasan