Hamilton Juara GP Monaco, Rio Haryanto Finis ke-15

bandungekspres.co.id – Setelah empat seri sebelumnya selalu gagal, pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, akhirnya bisa meraih kemenangan perdana musim ini pada GP Monaco, Minggu (29/5).

Selain Hamilton, hasil apik juga diraih pembalap kebangaan Indonesia di pentas Formula 1, Rio Haryanto. Bersama Manor Racing Team, Rio sukses menyentuh garis finis di urutan ke-15.

Bagi Rio, itu merupakan pencapaian terbaiknya selama enam seri yang sudah dilalui. Pada lima seri sebelumnya, pembalap kelahiran Surakarta itu hanya sanggup finis terbaik di urutan ke-17, yaitu pada GP Bahrain dan GP Spanyol. Satu lagi, Rio finis di posisi ke-21 pada GP Tingkok.

Dalam balapan di Sirkuit Monte Carlo, Daniel Ricciardo yang meraih pole position langsung melesat di posisi terdepan.

Dia diikuti duo Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton. Di tempat keempat ada pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang diikuti Nico Hulkenberg dari Force India.

Hujan sempat turun padai awal balapan. Hal itu membuat lintasan licin dan menyulitkan para pembalap. Imbasnya, sejumlah pembalap lebih berhati-hati dalam melajukan mobilnya. Tapi tetap saja ada yang menghentikan balapan akibat menabrak pembatas.

Pada lap 9, pembalap Renault Jolyon Palmer harus mengakhiri lomba setelah mobilnya remuk akibat menabrak pembatas. Tiga lap berikutnya giliran pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen, yang tak bisa melanjutkan balapan juga karena menabrak pembatas.

Pada lap ke-16, Hamilton mampu menyalip Rosberg untuk menduduki posisi kedua, sedangkan Ricciardo tetap aman di posisi pertama.

Lap 23, pembalap Torro Rosso, Daniil Kvyat tak bisa mengendalikan mobilnya. Dia membentur pembatas dan menyeret driver Renault Kevin Magnussen. Beruntun, Magnussen mampu melanjutkan balapan sedangkan Kvyat tidak.

Memasuki lap 26, Hamilton berhasil naik ke posisi pertama. Dia diikuti Ricciardo, Rosberg, Perez, dan Vettel. Rio Haryanto sendiri masih berada di posisi ke-18.

Posisi Hamilton masih belum tergusur pada lap ke-66. Sementara, Rio berada di posisi paling buncit, yakni ke-15. Hal itu lantaran tujuh pembalap dipastikan tak bisa melanjutkan balapan.

Hingga balapan berakhir, Lewis Hamilton tak terkejar. Dia dibuntuti Daniel Ricciardo, Perez, Vettel, dan Alonso. Rio menyenth garis finis terakhir, alias di urutan ke-15, satu tempat di belakang rekan setimnya, Pascal Wehrlein. (ira/JPG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan