Waspada Pembunuh Raksasa

Arsenal vs Middlesbrough

LONDON – Middlesbrough memang hanya klub yang bermain di ajang Championship alias kasta kedua Liga Inggris. Namun, predikat pembunuh raksasa layak disandang klub yang bermarkas di Riverside Stadium ini.

SIAP BERTANDING: Jagoan Arsenal Olivier Giroud optimistis memang saat melawan Middlesbrough
SIAP BERTANDING:
Jagoan Arsenal Olivier Giroud optimistis memang saat melawan Middlesbrough

Pendukung Manchester City tentu masih ingat bagaimana The Boro, julukan Middlesbrough berhasil mempermalukan tim kesayangannya di Etihad. Jawara Premier League musim lalu itu, dipaksa menyerah 0-2 pada babak keempat Piala FA (24/1). Hasil itu membuat Arsenal yang akan menjamu The Boro di Emirates Stadium malam nanti (tayangan langsung beIN Sports 1 pukul 23.00 WIB), harus lebih waspada. Tapi, dalam situs resmi Arsenal, manajer Arsene Wenger menegaskan bahwa klubnya tak akan menjadi korban kejutan tim asuhan Aitor Karanka tersebut. ”Kalaupun kami kalah, kami tidak akan terkejut, karena mereka berhasil mengalahkan City dengan cara meyakinkan. Itu peringatan. Sekarang kami bermain di kandang sendiri, tidak ada alasan mereka bisa mengejutkan kami,” papar Wenger.

Wenger mengaku sudah bisa membaca permainan The Boro. Sebagai tim yang berstatus underdog, mereka bakal memilih strategi bertahan dan mengandalkan serangan balik. Strategi itu sudah diterapkan saat Grant Leadbitter dkk menghadapi City di babak keempat Piala FA. City yang unggul mutlak dalam penguasaan bola, yakni 65 persen dibanding 35 persen, tak berdaya menghadapi serangan balik The Boro. Strategi itulah yang harus diwaspadai The Gunners-julukan Arsenal.

”Mereka bisa memainkan sepak bola dengan kecepatan dan kreativitas serangan yang baik. Lihatlah selama di Championship, mereka tim yang berlari dengan kuat, dan kami ingin menghentikannya,” ungkap pelatih berkebangsaan Prancis itu.

Arsenal mungkin belum bisa menurunkan bomber Alexis Sanchez. Namun, Olivier Giroud siap tampil menjadi lone striker. Giroud bakal ditopang trio Danny Welbeck, Mesut Oezil, dan Theo Walcott. Pemain anyar Gabriel Paulista kemungkinan juga bakal dimainkan sebagai bek bek tengah.

Karanka sendiri tidak ingin perjalanan anak asuhnya berakhir di Emirates. Sebaliknya, mantan asisten Jose Mourinho saat menangani Real Madrid itu, ingin menjadikan Arsenal sebagai raksasa kedua yang tumbang di tangan The Boro. Karanka menganggap Arsenal sama seperti City. ”Menurut saya, mudah sekali untuk menganalisa permainan mereka. Namun, untuk bisa mengalahkan mereka, itu yang sulit, tidak sesulit jika kami menganalisa apa celah kelemahan mereka,” tutur Karanka kepada Sky Sports.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan