Segera Tingkatkan Kualitas SDM

[tie_list type=”minus”]Jelang Persaingan di Masyarakat Ekonomi Asean[/tie_list]

NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat H. Abubakar meminta segenap jajaran pemerintah dan seluruh stakeholder terkait untuk lebih mempersiapkan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan diri jelang era pasar bebas yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Abubakar
H. Abubakar
Bupati Kabupaten Bandung Barat

Sebagaimana diketahui, dalam MEA akan terjadi persaingan ekonomi dengan warga negara asing pada suatu Negara. Menyikapi hal itu, Bupati menilai, kualitas SDM menjadi hal utama yang harus dipersiapkan.

”Untuk menghadapi MEA yang akan dimulai pada tahun ini (2015, Red), tugas utama kita adalah mempersiapkan kualitas SDM agar memiliki daya saing dan mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” tegas Abubakar bupati beberapa saat setelah menghadiri pembukaan acara Asean Mayors Forum 2015 di Makasar, yang dihadiri oleh para kepala daerah se-Asean.

”Jangan sampai lapangan pekerjaan yang ada dikuasai oleh masyarakat asing akibat minimnya kualitas SDM yang kita milliki,” tambahnya.

Jika melihat heterogenitas masyarakat KBB, kata Bupati, tidak sedikit yang sudah mempersiapkan diri menghadapi era pasar bebas tersebut. Yaitu dengan meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilannya. Namun, pada kenyataannya masih jauh lebih banyak masyarakat yang belum siap menghadapi MEA. ”Jadi, yang paling penting adalah mempersiapkan SDM masyarakat agar tidak ketinggalan zaman,” ungkapnya.

Pada Asean Mayors Forum 2015 ini, kata dia, merupakan momentum penting sebagai ajang untuk saling berbagi dan bertukar pikiran para kepala daerah dalam menghadapi berbagai tantangan. Terutama terkait kesiapan SDM yang heterogen. ”Siap ataupun tidak siap, kita harus siap menghadapi MEA sebagai sebuah keniscayaan. Sebab, pada dasarnya SDM masih menjadi kendala di setiap negara,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo yang membuka ajang Asean Mayors Forum 2015 sangat mengapresiasi sebagai ajang untuk menjalin kerjasama yang baik. ”Melalui AMF 2015 setiap kota bisa tumbuh dan maju bersama khususnya negara-negara Asean,” ungkapnya. (drx/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan