Ciptakan Kemandirian Prajurit

[tie_list type=”minus”]Momentum Hari Juang Kartika Jadi Tonggak Wujudkan Ketahanan Pangan[/tie_list]

BANDUNG – Dalam memperingati Hari Juang Kartika, Komandan Yon Arhanudri-3 Dam III/Siliwangi Mayor Arh A. Andre Wira K menekankan kepada seluruh jajarannya untuk bisa menciptakan kemandirian dalam ketahanan pangan.

Menurutnya, sebagai momentum bersejarah Hari Juang Kartika bisa dijadikan tonggak menciptakan terobosan dalam berkreativitas dan berinovasi.

”Untuk itu, Yon Arhanudri-3 ini saya tekankan agar seluruh prajurit yang tinggal didalam asrama mampu untuk bercocok tanam sehingga dapat mandiri dalam pemenuhan kebutuhan dalam keluarganya,” jelas Andre ketika ditemui pada saat panen tanaman sayuran hidroponik bersama anak yatim di Markas Komando Yon Arhanudri-3 di Jalan Manado belum lama ini.

Dirinya menilai, sesuai dengan program yang dicanangkan oleh Panglima TNI dalam berswasembada pangan seorang prajurit harus ikut terlibat dalam mewujudkan program tersebut dengan mengawali dari lahan-lahan yang bisa dimanfaatkan.

”Di rumah-rumah prajurit dan asrama prajurit di Yon Arhanudri-3, saya perintahkan agar dapat memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan terbatas untuk ditanami sayur-sayuran,” ujar dia.

Selain dapat memenuhi kebutuhan pangan lanjut dia dengan bercocok tanam sayuran dapat menciptakan kemandirian dalam hal pemenuhan kebutuhan akan giji keluarga prajurit.

”Untuk tanaman hidroponik, sendiri sudah ada 1500 pot sayuran berbagai jenis yang setiap saat selalu dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bagi keluarga prajurit dan akan terus kita kembangkan dengan memanfaatkan lahan-lahan di lingkungan Mako Arhanudri-3,” kata Andre.

Pada kesempatan tersebut Komandan Arhanudri-3 menyempatkan diri untuk ikut memetik panen bersama dengan anak yatim sekaligus memberikan santunan kepada anak yatim. (yan/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan