Bupati Wajibkan Konsolidasi Antar Karyawan

bandungekspres.co.id– Bupati Bandung Barat Abubakar mewajibkan seluruh aparatur di bawah kepemimpinannya agar selalu melakukan konsolidasi, baik internal maupun eksternal demi terciptanya pencitraan yang positif.

Terkait dengan pencitraan positif pemerintah daerah, dibutuhkan adanya keterpaduan pelayanan informasi baik dari segi kualitas maupun kuantitas dengan memanfaatkan potensi sumber daya manusia (SDM) serta sarana prasarana teknologi yang ada.

”Jika di inventarisir, untuk mewujudkan keterpaduan pelayanan informasi, potensi yang dimiliki pemda sudah cukup memadai dengan memanfaatkan potensi sdm yang ada dalam menginformasikan seluruh kegiatan setiap SKPD melalui operator khusus yang tersedia demi terwujudnya akuntabilitas pemda,” kata Abubakar ketika membuka Bimbingan Teknis Pengelolaan Newsroom Bagi Aparatur Humas, Dishubkominfo dan Wakil SKPD di Lembang kemarin (1/12).

Bupati menegaskan, pemberitaan positif yang bersifat pencitraan pemda, tidak lahir begitu saja, tetapi melalui proses yang cukup panjang. Oleh karena itu, aparatur yang ditugaskan menjadi operator pelayanan informasi dan pemberitaan harus bisa menggali sumber-sumber berita yang positif dan obyektif serta mengangkat permasalahan yang tengah dihadapi termasuk berbagai upaya serta keberhasilan dengan memanfaatkan teknologi kekinian.

”Banyak sekali sumber pemberitaan yang bisa diangkat guna memberikan citra positif pemda dengan mengangkat berbagai keberhasilan serta upaya menyelesaikan berbagai permasalahan yang tengah dihadapi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Setda KBB, Dadang Karmana selaku ketua pelaksana menegaskan, bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas arus informasi penyelenggaraan pemerintahan dan keterpaduan pelayanan informasi pada masyarakat. ”Jadi, diharapkan setiap operator bisa mengunggah seluruh informasi yang terjadi di SKPD tempatnya bertugas melalui website resmi pemda bekerjasama dengan Bagian Humas Setda dan Dishubkominfo,” terang Dadang.

Dengan demikian, kata dia, segala informasi yang masuk pada alamat website resmi pemda, akan mudah diakses oleh seluruh masyarakat untuk mengetahui segala macam informasi tentang pemerintahan termasuk program yang akan dijalankan. ”Masyarakat tinggal masuk ke website resmi kita dan segala informasi sudah tersedia termasuk soal pemberitaan pemda,” ujarnya. (drx/fik)

Tinggalkan Balasan