Batu Bacan Paling Dicari

SUKAJADI – Sebanyak 64 pecinta batu akik berkumpul di Hyper Point Pasteur. Tidak hanya berkumpul, mereka mendirikan stan-stan batu akik untuk diperjualbelikan. ’’Selain pameran, kegiatan ini juga bisa dikatakan sebagai ajang silaturahmi antar anggota di sini,’’ ujar Wahab, 34, Ketua Pelaksana Bandung Duo Agate.

pameran Bandung Duo Agate
REZA/BANDUNG EKSPRES

PALING LAKU: Dua penjual batu akik menunjukkan batu jenis lavender dan pancawarna dalam pameran Bandung Duo Agate di Hyper Point Pasteur (8/6). Sebanyak 64 pecinta batu akik mengikuti pameran ini.

Adapun acara ini merupakan yang kedua kali. Para peserta datang dari berbagai kota dan propinsi. Bahkan, dari luar negeri. ’’Peserta acara ini ada dari Pakistan, Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, dan beberapa kota di Jabar. Seperti, Garut, Bogor, Sukabumi dan lainnya,’’ tuturnya kepada Bandung Ekspres belum lama ini (8/6).

Acara ini berlangsung mulai Sabtu (6/6) lalu hingga Minggu (14/6) mendatang. Pada hari pertama penyelenggaraannya, penyanyi pop Sunda Nining Meida terpilih sebagai Duta Batu Akik Perempuan. Sedangkan, pemain Kang Komar dalam sinetron Preman Pensiun terpilih menjadi Duta Batu Akik Pria.

Wahab menjelaskan, dalam acara ini ada pula live music, kontes batu akik, kontes rambut gondrong, dan beberapa kontes lain. Namun, batu akik yang akan dikonteskan hanya ada dua kategori. Yaitu, batu akik polos dan corak. Identitas dewan juri yang akan menilai pada saat kontes nanti dirahasiakan. Tetapi, Wahab memastikan, mereka sudah kredibel dalam bidang perbatuan. ’’Mereka dari luar Kota Bandung untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan,’’ ujarnya.

Seluruh peserta pameran batu akik terlihat sangat antusias. Salah satu peserta pameran, Ramadhan, 29, mengaku, acara tersebut cukup bagus. Walaupun hari-hari awal pameran tidak terlalu ramai, dia yakin menjelang penutupan pameran akan semakin meriah.

Dari berbagai macam jenis batu yang dipamerkan, ada beberapa jenis batu yang digemari dan dicari oleh pengunjung. Di antaranya, batu bacan, lavender, dan pancawarna. Bahkan, batu black oval yang harganya selangit sangat dicari. ’’Batu yang banyak dicari itu batu bacan. Memang harganya juga masih sangat mahal,’’ tambah Ramadhan.

Tinggalkan Balasan