Bakal Percepat Relokasi PKL Gedebage

SUKAJADI – Perusahaan Daerah Pasar Bermartabat akan segera melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang beroperasi di Pasar Induk Gedebage.

Kondisi Pasar Gedebage
AMRI RACHMAN DZULFIKRI/BANDUNG EKSPRES

KIOS SEMENTARA: Pedagang mendirikan kios sementara di depan
lokasi kebakaran Pasar Induk Gedebage, Jalan Soekarno Hatta.

Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Rinal Siswadi menyatakan, langkah ini sebagai upaya percepatan perelokasian sejumlah pedagang korban kebakaran yang menolak pindah ke lokasi kios darurat di los pasar ikan.

’’Penertiban itu setelah kita meyakini betul-betul data PKL yang ada di tempat, juga segala sesuatu yang di lapangan itu clear, ya tentunya kita baru melakukan penertiban,” ujar Rinal kemarin (10/8).

Pihaknya telah melakukan proses sosialisasi yang tertuang secara tertulis serta diperuntukkan bagi seluruh PKL Pasar Gedebage.

’’Semua PKL yang ada di pasar akan kita tertibkan. Termasuk PKL yang menjual barang-barang atau fesyen yang ada di arah pintu barat, yang berdekatan dengan kantor unit kami. Kita sudah berikan surat edaran soal adanya penertiban ini,” sahutnya.

Para pedagang menolak pindah lantaran kondisi los ikan yang kotor serta belum ditertibkannya PKL di kawasan Pasar Induk Gedebage tersebut. Bahkan, lanjut dia, pedagang lebih memilih membangun kios semi permanen dan berjualan di dekat lokasi kebakaran.

Rinal menuturkan, jika kondisi sudah layak dan penertiban PKL sudah dilaksanakan, seluruh korban kebakaran akan difasilitasi dan langsung dipindahkan ke kios darurat yang sudah disediakan oleh pengelola. (bbs/vil)

Tinggalkan Balasan