oleh

Benfica vs Bayern Muenchen, Aguias Bakal Putus Rekor Buruk

 

bandungekspres.co.id1-0. Meski menjadi modal penting bagi langkah Bayern Muenchen menantang Benfica di Estadio da Luz dinihari nanti, namun tentu belum cukup untuk menjamin peluang mereka bisa lolos ke semifinal.

Sebab, tuan rumah kembali menemukan performa terbaiknya dengan menang 2-1 di markas Academica, Estadio Cidade de Coimbra, Sabtu kemarin (9/4).

Benfica pun kembali pede setelah mencatat tujuh kemenangan beruntun di liga, dan kembali  menjaga jarak dua poin dengan rival sekota, Sporting Lisbon, dalam menggapai mahkota Primeira Liga musim ini.

Catatan positif ini begitu membuncahkan semangat Aguias, julukan Benfica, untuk memutus rekor jelek mereka setiap kali bersua dengan Bayern Muenchen.

Ya, sejak pertemuan pertama mereka di fase perempat final musim 1975-1976 silam, belum sekalipun Benfica bisa meraih victory dari penguasa Bavaria tersebut.

Benfica hanya mampu meraih dua kali seri, dan lima pertandingan sisanya harus diterima dengan kekalahan.

Selain memutus performa negatif dari Die Roten, sebutan Bayern, ambisi lain yang coba dikejar oleh Benfica adalah semifinal pertama mereka di Liga Champions dalam 25 tahun terakhir.

Sejak menembus semifinal yang berakhir dengan kekalahan kontra Milan di Praterstadion, Vienna, belum sekalipun Benfica bisa kembali mencicipi atmosfer empat besar tersebut.

”Kami punya banyak potensi,” kata gelandang serang Benfica, Anderson Talisca, seperti dilansir situs resmi UEFA. ”Kami sudah bekerja keras di Eropa selama ini. Dan, Da Luz seperti mengerti hal ini dengan atmosfer yang begitu fantastis belakangan ini,” timpal pemain asal Brasil itu.

Pelatih Rui Vitoria memang masih belum bisa menurunkan topscorer Jonas, yang mendapat larangan bertanding.

Namun, pelatih 45 tahun itu tidak terlalu cemas lantaran Kostas Mitroglou mulai membuktikan bahwa dia bisa memberikan kontribusi yang tak kalah vital dengan Jonas.

Bomber Yunani berusia 28 tahun yang dipinjam dari Fulham itu telah mencetak lima gol dari lima liga terakhir, sekaligus membukukan total 22 gol di semua ajang.

Mitroglou pun bakal bertandem dengan Raul Jimenez yang tengah on fire dengan mencetak satu gol ke gawang Academica.

Di lini tengah, meski sedikit meragukan karena masih dibekap dengan rasa sakit di paha, Vitorio bakal menggaransi Nicolas Gaitan untuk menempati posisinya di sayap kanan.

Kehadiran Gaitan tidak hanya menambah serangan Benfica dari sektor flank, namun juga untuk memanjakan Jimenez maupun Mitroglou dengan umpannya yang sangat akurat.

Nah, berapi-apinya Benfica jelas sedikit mengkhawatirkan fullback kiri Bayern, Juan Bernat. ”Benfica jelas begitu termotivasi nanti. Ini bakal seperti perang,” kata bek asal Spanyol itu seperti dilansir TZ.

Meski begitu, bukan berarti pasukan Josep Guardiola tersebut tidak akan bisa mengandaskan tuan rumah.

Mereka berkaca kepada performa mereka yang mulai stabil berkat kemenangan 3-1 atas VfB Stuttgart (9/4). Mengakhiri raihan tiga laga sebelumnya dimana mereka hanya bisa menang dengan sebiji gol di semua ajang.

”Pertahanan Benfica sangat hebat. Namun, jika kami bisa mencuri gol lebih dulu, maka kami bisa lolos ke semifinal. Aku yakin itu,” terang kapten Philipp Lahm kepada Kicker. (apu/vil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *