Haru Dhani Janjikan Perhatian Serius Pelaku Seni di Kota Bandung

JABAR EKSPRES – Calon Wali Kota Bandung Haru Suandharu menjanjikan bakal memberi perhatian serius bagi pelaku seni di Kota Bandung. Itu sebagai konsekwensi dari visi yang diembannya. Yaitu menjadikan Bandung Kota Kreatif Dunia.

Rabu (16/10) sore, Cawalkot nomor urut 2 itu sengaja berkunjung ke Padepokan kesenian Gentra Buana, Derwati, Kecamatan Rancasari. Iapun mendapat keluhan dari para pekerja seni.

Ketua Paguyuban Gentra Buana Toni Ismanto mengungkapkan, selama ini pihaknya terbilang luput dari perhatian Pemkot Bandung. “Kami belum pernah ada sentuhan pemerintah,” tuturnya.

Toni melanjutkan, untuk bertahan hidup dan menjaga kelestarian budaya yang diembannya ia mengandalkan swadaya masyarakat. Ia pun memiliki harapan besar terhadap Wali Kota yang akan datang.

Ia kemudian menitipkan harapan itu kepada Haru, yang saat itu berkunjung ke wilayahnya. “Kami sangat berharap nantinya Pak Haru bisa membantu kami,” ujarnya.

Menurut Toni, yang paling mendesak adalah terkait perawatan alat seni. Karena tentu tidak murah. Ia berharap pihaknya bisa dijembatani dengan Pemkot Bandung atau dinas yang membidangi. Jangka panjangnya juga untuk keberlanjutan seni, termasuk kepentingan pembinaan anak didik. “Selama ini kami swadaya,” tuturnya.

Sementara itu, Haru Suandharu menegaskan bahwa perhatiannya bakal serius kepada pelaku seni jika memang berkesempatan memimpin Kota Bandung. “Itu konsekwensi visi Bandung jadi Kota Kreatif Dunia,” jelasnya.

Iapun prihatin jika sampai para pelaku seni saat ini luput dari perhatian Pemkot. Menurutnya seniman di Gentra Buana itu juga cukup berprestasi. Terbaru adalah prestasi dalam karnaval tingkat kota.

Sebagai langkah jangka pendek, perhatian itu mestinya juga perlu segera disambungkan dengan Pemkot. “Tidak harus nunggu selesai Pilwalkot lah, ini ada Anggota DPRD Kota Bandung. Perlu untuk segera dikomunikasikan,” tuturnya.

Haru menegaskan, untuk kedepannya, ia menjanjikan bahwa perhatian kepada seni atau seniman bakal menjadi program strategis Pemkot Bandung. Bentuknya dari pembinaan, fasiltasi, hingga penyelenggaraan event.

Anggota DPRD Kota Bandung Andri Rusmana yang turut hadir dalam kesempatan itu menambahkan, pihaknya langsung menangkap keluh kesah dari para pelaku seni tersebut. Iapun bakal berupaya menjembatani dengan pihak Pemkot. “Kalau di wilayah timur Bandung, kami sudah membina juga kelompok seniman,” jelasnya.

Writer: Hendrik Muchlison

Tinggalkan Balasan