Naskah Khutbah Jumat tentang Hikmah Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

و قل اعملوا فسيرى الله عملكم و رسوله و المؤمنون

Dan katakanlah, bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga rosulNya dan orang orang mukmin. Maka dari itu dengan kita bisa menyeimbangi kehidupan kita antara dunia dan akhirat, fa insya Allah, Allah akan selalu memudahkan segala urusan kita, dan kita akan selalu berada di jalan Allah SWT.

Hadirin yang sama-sama dimuliakan Allah SWT

Ada beberapa keutamaan sedekah teritama yang dilakukan di hari jumat yang ingin khotib sampaikan kepada para jamaah sekalian,semoga dengan kita mengetahui keutamaan keutamaan ini, akan terbesit di dalam diri kita untuk melakukan ibadah sodaqoh.

Keutamaan yang pertama ialah

الصدقة تدفع البلي

Bahwasannya sedekah yang dilakukan pada hari jumat  itu bisa mencegah dari yang Namanya musibah,andai kata hari ini kita akan di timpa musibah oleh Allah SWT, dan Ketika itu jga di waktu yang bersamaan kita melakukan sodaqoh ataupun berinfaq kepada orang lain, maka tu musibah yang ingin ditimpa ke kepada kita, Allah batalkan musibah itu. Sungguh istimewanya sedekah apalagi di hari jumat , hanya kita mengeluarkan sedikitpun yang kita miliki, kita dapat mencegah musibah yang ingin Allah timpakan kepada kita, maha besar Allah SWT.

Adapun keutaman selanjutnya ialah kata nabi SAW:

داووا مرضاكم بالصدقة

Yang artinya: obati orang yang sakit di antara kamu dengan bersodaqoh. Diceritakan di dalam suatu kisah datanglah seseorang menjumpai imam Abdurrahman bin Mahdi ahli hadist, lalu orang itu mengatakan kepada imam Abdurrahman bin Mahdi ”wahai imam Abdurahman, lututku ini sudah bernanah tujuh tahun tak sehat sehat, tolonglah aku wahai imam Abdurrahman bin mahdi, lalu Ketika itu imam abdurahman bin mahdi seketika teringat hadist Rasulullah SAW, apa itu hadistnya:

داووا مرضاكم بالصدقة

Yaitu obatilah orang sakit diantara kamu dengan melakukan sedekah di hari jumat, lalu Ketika itu imam abdurahman bin mahdi menyuruh orang itu untuk bersodaqoh dengan cara menggali sumur di suatu kampung yang tidak ada sumurnya, singkat cerita setelah digalinya sumur itu, nanah yang ada di lututnya itu langsung menggering dan sehat, apa hubungan sumur dengan lutut bernanah? Ternyata orang kampung yang telah meminum air sumur yang telah digali oleh orang itu,mereka berdoa, ya Allah, balaslah kebaikan orang yang bersedekah sumur ini, maha besar Allah, tidak ada yang sulit bagi Allah SWT, apabila Allah sudah menghendakinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan