Jaga Netralitas selama Pilkada, Satpol PP Jabar Gencar Lakukan Patroli Cyiber kepada ASN

JABAR EKSPRES  – Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Barat (Satpol PP Jabar), mengaku akan terus melakukan pengawasan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 berlangsung.

Khusus di masa kampanye ini, Kepala Satpol PP Jabar Ade Afriandi mengungkapan pihaknya akan gencar melakukan patroli cyber atau pengawasan secara digital kepada seluruh ASN.

“Sebetulnya kami (Satpol PP) siaga semua. Begitu hari ini sudah masuk masa kampanye (Pilkada), yang kita lakukan adalah patroli cyber. Dan ini sudah jalan,” ujarnya, Sabtu (28/9).

Dalam patroli cyber ini, Ade mengaku pihaknya akan melakukan pengawasan khusus kepada akun media sosial (medsos) milik ASN. Jika nantinya ditemukan ada yang melanggar, ia menyebut pihaknya akan langsung melakukan tindakan.

“Tapi kita memberitahu atasannya dulu untuk diberitahu kepada yang bersangkutan bahwa hal itu masuk kategori tidak netral. Jadi kita akan pelototi medsos termasuk profile picture ASN (selama Pilkada berlangsung),” ungkapnya

Maka dari itu, dengan adanya langkah ata cara ini, Ade berharap semua ASN khusunya di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dapat menjaga netralitas selama penyelengaraan Pilkada Serentak 2024 berlangsung.

“Jadi hal-hal itu akan terus kita lalkukan melalui patroli, dan ini (pengawasannya) tidak jauh berdena dengan pileg dan pilpres kemarin,” pungkasnya

Sebelumnnya, memasuki masa Pilkada Serentak 2024, Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin meminta kepada seluruh ASN di lingkungan pemerintah provinsi (pemprov) untuk menjaga netralitas.

“Saya tidak basa-basi tentang azas dan netralitas ini. Kalau saya bicara netral, ya harus netral. Tidak perlu kita memihak atau berpihak,” tegasnya beberapa waktu lalu.(San).

Writer: Sandi Nugraha

Tinggalkan Balasan