Gema Sadhana Jabar Dorong Kesadaran Kesehatan Masyarakat di Kota Cimahi

JABAR EKSPRES – Gerakan Masyarakat Sanathana Dharma Nusantara (Gema Sadhana) kembali menyoroti pentingnya menjaga kesehatan masyarakat dengan mengadakan Medical Check Up di Gedung Twin Tulipware, Jalan Jend. H. Amir Machmud no. 263, Cimindi, Kota Cimahi, pada Sabtu (28/9/24).

Pemeriksaan kesehatan ini tidak hanya menyasar kelompok lanjut usia, tetapi juga melibatkan generasi muda, dengan fokus pada peningkatan kesadaran kesehatan secara keseluruhan.

“Karena kita ini tujuannya untuk menjangkau masyarakat-masyarakat yang di luar Kota Bandung, maka kita jemput bola. Rata-rata balita sekalipun sekarang sudah banyak yang kena diabetes,” kata Ketua Gema Sadhana Jawa Barat, Benetta Heaster.

Benetta menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk memastikan masyarakat yang memiliki kendala transportasi tetap bisa mendapatkan akses layanan kesehatan.

“Karena tujuan kita adalah membuat warga Bandung, Jawa Barat bisa hidup sehat dan peduli akan kesehatannya,” ujarnya.

Ia menekankan bahwa pola makan dan gaya hidup sehat sangat penting, karena memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan masyarakat.

“Karena itu pola makan, pola hidup, apa yang dia konsumsi, bisa membahayakan anak bangsa,” lanjutnya.

Jumlah peserta yang hadir berhasil mencapai batas maksimal, yaitu 200 orang per hari. Kegiatan ini terbuka untuk semua usia tanpa ada pembatasan, sehingga siapa pun dapat berpartisipasi.

“Kita gak bisa lebih, seperti kemarin itu terlalu banyak, akhirnya yang puasa babak belur. Kasihan kan,” ujarnya.

Ke depannya, Benetta menyampaikan pihaknya berencana untuk mengadakan beberapa program lainnya, termasuk pengobatan gratis, dengan tujuan memastikan setiap masyarakat dapat mengakses fasilitas dan layanan kesehatan yang terjangkau.

“Nanti kita ada program lanjutannya, yaitu pengobatan gratis yang tidak dipungut biaya sama sekali. Tanggal 5 Oktober akan dilaksanakan pengobatan gratis,” ungkapnya.

Benetta menjelaskan bahwa pemeriksaan yang dilakukan hari ini mencakup darah lengkap, SGOT, SGPT, kolesterol total, kolesterol HDL, LDL, ureum, dan beberapa jenis pemeriksaan lainnya.

“Kita juga siapkan untuk konsultasi dokter secara gratis, jadi orang yang mau konsultasi penyakitnya dipersilakan. Termasuk juga konsultasi kecantikan, kita sediakan,” tambahnya.

Benetta menyoroti pentingnya kesadaran masyarakat akan kesehatan. Ia menjelaskan, orang itu kadang-kadang suka tidak sadar akan kesehatan dirinya. Tiba-tiba meninggal, misalnya.

Writer: Firman Satria

Tinggalkan Balasan