Bagi Penerima Bantuan PKH dan BPNT, 3 Kelompok KPM Diprioritaskan Cair Lebih Dulu di September 2024, Cek Disini Penerimanya!

JABAR EKSPRES – Kabar gembira! pencairan bantuan PKH dan bantuan BPNT yang dijadwalkan cair lebih cepat untuk tiga kelompok penerima manfaat (KPM) di bulan September 2024, serta memaparkan golongan yang tidak lagi berhak menerima bantuan di tahap ini.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) untuk periode September 2024. Kabar baiknya, ada tiga kelompok penerima manfaat (KPM) PKH yang akan menerima bantuan lebih dulu. Informasi ini sudah terpantau melalui aplikasi resmi 6ng yang menunjukkan proses pembukaan rekening atau brekol.

Penyaluran bantuan sosial ini tentu disambut baik oleh KPM PKH dan BPNT. Proses pencairan bersamaan untuk dua program tersebut diperkirakan akan terjadi dalam waktu dekat, sehingga KPM bisa segera menerima bantuan yang sangat dinantikan. Tapi, tidak semua KPM akan langsung mendapatkan bantuannya. Berdasarkan pantauan di aplikasi 6ng, ada sejumlah syarat dan kondisi yang membuat proses pencairan bisa lebih cepat atau tertunda.

Tiga Kelompok KPM yang Diprioritaskan

Menurut informasi yang dirilis, tiga kelompok KPM yang akan lebih dulu menerima pencairan PKH adalah:

  1. Komponen Kesehatan: Kelompok ini mencakup ibu hamil dan anak-anak berusia 0 hingga 6 tahun. Mereka menjadi prioritas utama dalam penyaluran bantuan karena pentingnya kesehatan bagi ibu dan anak.
  2. Komponen Pendidikan: Kelompok ini terdiri dari anak-anak yang masih sekolah, mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA sederajat. Bantuan ini bertujuan untuk meringankan beban pendidikan keluarga.
  3. Komponen Kesejahteraan Sosial: Golongan ini meliputi orang-orang dengan disabilitas dan lanjut usia (di atas 60 tahun). Bahkan, pada tahun 2024, Kementerian Sosial menambahkan kategori baru yaitu keluarga korban pelanggaran HAM berat yang juga berhak mendapatkan bantuan ini.

Baca Juga: Pencairan Bantuan PKH dan BPNT September-Oktober 2024 Sudah Dimulai, KKS Baru Cair Rp400 Ribu Hari Ini

Kelompok-kelompok ini diprioritaskan untuk pencairan lebih cepat karena termasuk dalam kelompok yang sangat membutuhkan bantuan. Berdasarkan pantauan aplikasi 6ng, proses verifikasi dan brekol sudah berlangsung dan akan segera memasuki tahap pencairan.

Tinggalkan Balasan