Semarak HUT RI ke-79, Desa Sukahati Bogor Gelar Lomba Budidaya Tanam Cabai Selama 75 Hari

JABAR EKSPRES – Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sukahati Bersih,Cibinong, Kabupaten Bogor menggelar lomba budidaya cabai dalam polibag antar RW.

Lomba yang berlangsung sejak tanggal 27 Mei sampai 15 Agustus 2024 ini bertujuan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

Ketua KSM Suhati Bersih H. Saiful Ulum mengatakan, warga mengikuti proses pemeliharaan cabe dari semai hingga berbuah selama 75 hari.

BACA JUGA: Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

“Inovasi dan kreatifitas dalam hal pemupukan (membuat pupuk sendiri) diluar yang kami berikan dan pengendalian hama di tanaman,”ujarnya, Jumat (16/8).

Menurutnya, hasil cabai yang sehat akan berbuah dengan bagus, tergantung bagaimana produktifitas dari tanaman itu sendiri.

“Semua proses dari awal hingga penilaian ada catatan dan dokumennya , baik di no 1 , 2 , 3 dan dewan juri bukan dari ksm , dari dinas tanaman pangan dan lainnya,”tuturnya.

BACA JUGA: Viral Seorang Pelajar jadi Korban Pembegalan dan Pelecehan di Paseh, Pelaku Berhasil Diamankan

Sementara itu, Penyuluh pertanian Swadaya Ruslan menyampaikan, kegiatan tersebut akan digelar setiap satu tahun sekali.

“Tentunya setiap tahun akan digelar, sebagai penyemangat kegiatan pertanian kota (Urban Farming),”katanya.

Selain Lomba Budidaya Cabai di dalam polybag, kegiatan ini juga di isi dengan pelatihan pertanian kepada warga Sukahati.

BACA JUGA: Bey Machmudin Dengarkan Pidato Kenegaraan Terakhir Presiden Jokowi

“Tujuanya aga masyarakat sukahati memiliki keahlian dan pemahaman yang benar tentang pertanian kota (urban farming),”pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan