50 Anggota DPRD Kota Bandung Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

JABAREKSPRES.COM, BANDUNG – Anggota DPRD Kota Bandung hasil pemilu 2024 resmi dilantik, Senin (5/8). Dalam pelantikan itu, masih terdapat sejumlah anggota DPRD yang sempat tersandung kasus dugaan korupsi Bandung Smart City.

Pelantikan dilaksanakan di Kantor DPRD yang ada di Jalan Sukabumi Kota Bandung. Pelantikan dimulai dengan pengantar dari Ketua DPRD Kota Bandung sebelumnya yakni Tedy Rusmawan, kemudian sesi pelantikan, hingga penetapan ketua sementara DPRD Kota Bandung.

Ketua sementara itu adalah Agus Andi Setyawan dari Partai Keadilan Sejahtera. Dan wakilnya adalah Maya Himawati dari Partai Gerindra. Pelantikan itu turut dihadiri sejumlah tokoh. Mulai dari Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Mchmudin, Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono, hingga mantan Sekda Kota Bandung Ema Sumarna.

Sebanyak 50 Anggota DPRD Kota Bandung yang dilantik itu adalah mereka yang jadi jawara dalam Pemilu yang dilakukan Februari lalu. Ternyata, dalam daftar 50 wakil rakyat itu masih terdapat sejumlah nama yang sempat tersandung dugaan kasus korupsi Bandung Smart City.

Mereka sebelumnya juga sempat dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Itu sebagai tindak lanjut atau pengembangan kasus Bandung Smart City yang telah mengantarkan mantan Wali Kota Bandung Yana Mulyana ke jeruji penjara.

Berkaitan daftar Anggota DPRD Kota Bandung yang dilantik, Ketua KPU Kota Bandung Wenti Frihadianti mengungkapkan, pihaknya menuntaskan sesi pelantikan itu sesuai dengan daftar yang telah diplenokan beberapa waktu lalu.

Kemudian pihaknya juga menyerahkan ke mekanisme di DPRD atau masing – masing partai jika memungkinkan akan ada pergantian. “Kami kembalikan ke masing – masing partai. Kan belum inkrah juga. Kami lantik sesuai hasil pleno,” tuturnya. (son)

Writer: Hendrik Muchlison

Tinggalkan Balasan