Cara Menghitung Weton Berdasarkan Kalender Jawa Beserta Penafsirannya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Jadi, 9 + 8= 17. Jumlah neptu weton seseorang yang terlahir pada hari Sabtu kliwon adalah 17. Dengan jumlah tersebut, Kamu dapat mengetahui watak seseorang, menghitung keberuntungan, cara seseorang meraih kesaksian dan cara menghitung kecocokan pasangan.

Selain cara menghitung weton Jawa dengan cara yang pertama, ada pula cara menghitung weton Jawa yang kedua berdasarkan pada bulan serta tahun Jawanya. Berbeda dengan cara yang pertama, neptu Jawa untuk bulan dan tahun biasanya digunakan untuk memperkirakan musim hujan, musim tanam, musim kemarau, hama penyakit pada tanaman tertentu, jumlah panen, tangkapan ikan dan lain sebagainya.

12 nama bulan pada  kalender Jawa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bulan kalender dalam Islam. Sementara itu, nama-nama tahun pada kalender jawa terdiri atas delapan jenis.

Kalender Jawa dalam kebudayaan Jawa akan berganti tahun setiap satu windu sekali. Oleh karena itu, setiap delapan tahun sekali, nama tahun dalam kalender Jawa juga akan berubah sesuai dengan urutannya yaitu Alip, Ehe, Jimawal, Je, Dal, Be, Wawu dan yang terakhir adalah tahun Jim Akhir.

Berikut tabel dari hitungan Jawa berdasarkan bulan serta tahunnya.

Berdasarkan tabel di atas, Kamu bisa menghitung weton dengan neptu bulan dan tahun Jawa seseorang. Sebagai contoh, jika apabila seseorang lahir pada bulan Ruwah dan tahun Wawu, Kamu perlu menjumlahkan nilai 4 yang ada pada bulan Ruwah serta 6 yang ada pada tahun Wau. 4+6= 10, angka 10 adalah hasil akhir penjumlahan dan weton neptu bulan serta tahun Jawa.

Arti dari Hasil Perhitungan Neptu Weton Jodoh

Setelah Kamu mengetahui cara menghitung neptu weton, kalian akan mendapatkan angka yang berfungsi untuk mengetahui beragam hal, seperti hari keberuntungan, watak, hingga jodoh. Biasanya perhitungan neptu weton lebih wajar dan umum digunakan untuk pernikahan atau perjodohan. Dengan neptu weton, kedua calon dapat melihat kecocokan antara satu sama lain, bahkan mendapatkan gambaran tentang kecocokan serta kapan sebaiknya hari pernikahan digelar.

Berikut beberapa arti dari hasil perhitungan neptu Jawa tentang jodoh atau pasangan.

  1. Pegat (1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Dari hasil perhitungan neptu weton pegat, artinya hubungan Kamu dengan pasangan termasuk dalam kategori rawan. Pegat menurut primbon Jawa menjadi indikasi adanya kemungkinan antara Kamu maupun pasangan sering mendapatkan masalah dalam kehidupan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan