Pentingnya Mengunyah Perlahan Sesuai Sunah Rasul, Ternyata Banyak Manfaatnya

Dengan mengulur waktu saat makan perlahan, kamu akan mendapat perasaan kenyang yang sama, meski makan dengan porsi lebih sedikit.

Baca juga : Bacaan Lengkap Sholawat Adhimiyah, Cara Cerdas Mendapat Syafaat Rosulullah

5. Baik untuk diet

Resep Sate untuk Menetralisir Daging Kurban yang Kamu Santap  Kamu yang sedang diet justru dianjurkan untuk mengunyah secara perlahan.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, nafsu makan dapat ditekan saat makan pelan-pelan dan memungkinkan kamu berhenti sebelum kenyang. Setelahnya pun kamu gak akan merasakan lapar “susulan” atau keinginan ngemil.

6. Mengurangi gas dan sendawa

Saat makanan tidak dikunyah dengan baik, hal ini memperbesar potensi untuk makanan tak digiling dengan sempurna dalam perut. Untuk itu, sebagian nutrisi akan diserap tubuh selagi sebagian lainnya berubah menjadi sisa alias residu.

7. Merasa lebih senang setelah makan

Dengan mengunyah makanan secara perlahan, lidah akan menerima lebih banyak rasa. Kamu bisa menikmati makananmu dengan lebih baik, sehingga menimbulkan perasaan senang atau puas setelah makan.

8. Membuatmu ingin makan makanan sehat

Kita bisa memiliki kecenderungan makan makanan sehat dengan mengunyah perlahan seperti yang Nabi kita contohkan.

Supaya pencernaan tidak mudah luka lambung, bila mengunyah dengan terburu buru, Setelahnya, sensasi rasa akan berkurang dan justru berubah tidak enak. Berbeda dengan makanan sehat dan alami seperti sayur dan buah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan