7 Ide Ice Breaking Kreatif untuk MPLS SMA Dijamin Makin Semangat

4. Tebak Kata dengan Gaya

Berbeda dengan tebak gambar, kali ini peserta akan memperagakan kata dengan gerakan, sementara peserta lain dalam satu kelompok mencoba menebaknya.

Kegiatan ini tidak hanya menghibur tetapi juga membantu meningkatkan kepercayaan diri peserta didik baru. Dengan melibatkan aspek fisik dan verbal, tebak kata dengan gaya dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk memulai interaksi di antara siswa baru.

5. Cerita Berantai

Masih permainan kelompok, Peserta duduk saling melingkar dan memulai cerita dengan satu kalimat. Siswa di sebelahnya melanjutkan cerita tersebut dengan menambahkan satu kalimat.

Baca juga : Contoh Yel-yel Bahasa Inggris Beserta Artinya untuk MPLS SD, SMP, dan SMA

Permainan ini berlanjut terus hingga cerita menjadi panjang dan mungkin menggelitik. Ini adalah cara yang baik untuk membangun keterampilan berbicara di depan umum, berkolaborasi, dan memperluas imajinasi.

6. Permainan Hilang Angka

Permainan ini membutuhkan daya ingat untuk menyebutkan deretan angka-angka yang hilang, dengan melibatkan peserta untuk berhitung dari 1 hingga 100, namun harus mengganti beberapa angka, misal angka 3, 6, dan 9 serta kelipatannya dengan kata “dor”.

Peserta yang tidak mengikuti aturan tersebut akan dieliminasi, menciptakan elemen kompetitif yang menyenangkan dan merangsang dalam kelompok. Permainan ini tidak hanya menguji kecepatan berpikir tetapi juga membangun kerjasama dan konsentrasi dalam kelompok.

7. Sebut Nama Hewan yang hidup berdasarkan alamnya

Permainan ini melibatkan panitia yang menyebutkan nama habitat hewan, yakni air, darat dan udara smbl menunjuk peserta yang terlihat tidak fokus. Peserta harus menyebut nama hewan yang sesuai dengan perintah panitia.

Selain menghibur, ini juga mengasah kemampuan berpikir cepat dan pengetahuan tentang berbagai jenis hewan, memperluas wawasan siswa dalam interaksi yang santai.

Itulah 7 ide kreatif ice breaking yang bisa digunakan saat mengisi waktu jeda atau memecah kebosanan peserta MPLS khususnya di tingkat SMA.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan