Jelang Pertarungan Semifinal Euro 2024 Prancis vs Spanyol, Siapa yang Lebih Unggul?

Prancis membalas lagi kekalahan itu dalam final Nations League 2021 di Milan ketika Karim Benzema dan Kylian Mbappe membuat gol Mikel Oyarzabal tak berdampak apa-apa bagi Spanyol.

Pasti mempengaruhi

Pertemuan-pertemuan di masa lalu itu pasti mempengaruhi penampilan Mbappe cs dan Morata dkk dalam semifinal Euro 2024, apalagi ini laga yang memberi jalan kepada mereka untuk mengukuhkan siapa yang terbaik di Eropa.

Mereka sama-sama sudah empat kali mengangkat trofi turnamen utama sepak bola. Jika empat trofi utama yang didapatkan Prancis berasal dari dua Piala Dunia dan dua Piala Eropa, maka empat trofi yang direngkuh Spanyol berasal dari tiga Piala Eropa dan satu Piala Dunia.

Prancis sampai detik ini masih unggul dalam frekuensi mencapai semifinal Piala Dunia dan Piala Eropa. Total, mereka sudah 11 kali mencapai semifinal yang 7 di antaranya mencapai final, sedangkan Spanyol 8 kali mencapai semifinal, yang 5 di antaranya mencapai final.

Kini, sepak bola yang efisien nan pragmatis bertemu kembali dengan tim yang menekankan bahwa cara untuk menang sama pentingnya dengan kemenangan itu sendiri, bertemu di Muenchen, dengan bekal berbeda.

Spanyol masuk semifinal Euro 2024 dengan modal mengerikan, yakni memenangkan semua dari lima pertandingan sebelumnya, sambil menyarangkan 11 gol dan kebobolan dua kali.

Sedangkan Prancis mencapai semifinal berkat ketangguhan barisan pertahanan sehingga menjadi tim yang paling sedikit kebobolan dan tak pernah kalah walau tak selalu menang. Les Bleus hanya memasukkan tiga gol yang tak ada satu pun tercipta dari permainan terbuka, malah dua di antaranya gol bunuh diri.

Pertahanan kedua tim ini sama-sama sulit ditembus lawan, tapi dengan alasan berbeda.

Pertahanan Spanyol sulit ditembus lawan karena lawan lebih sibuk menangkal serangan mereka sehingga tak memiliki banyak waktu untuk menyerang La Roja, kecuali sewaktu melawan Kroasia.

Sebaliknya, gawang Prancis sulit dibobol lawan murni karena barisan belakang dan tengah yang tangguh.

Ini membuat pertemuan kedua tim menjadi semakin menarik, dalam kaitannya dengan bagaimana Prancis menangkal banjir serangan dari tim paling eksplosif selama Euro 2024, dan tentang bagaimana Spanyol menembus tim dengan pertahanan terkuat selama Euro 2024.

Tinggalkan Balasan