17 Cara Bersyukur Agar Nikmat Bertambah dan Tidak Dicabut Allah

Berpikirlah secara positif pada semua nikmat yang telah Allah berikan, sebab pada dasarnya, nikmat merupakan bentuk ujian dari pandai tidaknya kita untuk bersyukur. Sebab banyak orang hanya ingat Allah di kala susah yang merupakan ujian, namun sering lupa akan Allah saat mendapat ujian dengan nikmat kesenangan.

5. Bersyukur Melalui Amal Perbuatan

Mengungkapkan rasa syukur dengan amal perbuatan bisa dilakukan dengan ketaatan kita hamba-Nya saat melaksanakan semua yang sudah diperintahkan serta menjauhi semua larangan-Nya. Meningkatkan kualitas ibadah, sedekah, melakukan amal kebaikan. Perintah yang dimaksud adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan menunaikan semua perintah Allah baik yang bersifat wajib maupun sunnah.

6. Bersyukur Dengan Memuji Allah

Cara bersyukur atas rezeki dan nikmat Allah berikutnya adalah dengan memuji Allah Subhanahu wa Ta’ala atas semua karunia yang sudah diberikan pada kita. Ini bisa dilakukan dengan memanjatkan puji syukur serta menceritakannya secara lahir, sebab dengan mengingat dan menceritakan nikmat yang sudah diberikan Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka akan mendorong kita untuk lebih bersyukur.

7. Bersyukur Dengan Menjaga Kesehatan

Mensyukuri nikmat dan rezeki bias dilakukan dengan menjaga kesehatan badan. Karena kesetan itu sendiri juga rezeki. Agar tubuh tetap sehat, bisa dilakukan dengan menghindari rokok serta minuman keras. Karena kedua hal tersebut banyak mudharotnya bagi kesehatan dan bahkan bisa memberikan masalah bagi tubuh dan kesehatan kita. Selain itu, janganlah berjudi sebab ini adalah haram hukumnya yang akan menyebabkan seseorang bisa menjadi stress bahkan mengalami stroke.

8. Bersyukur Dengan Pola Hidup Sehat

Mensyukuri nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan cara menjaga makan, istirahat sekaligus berolahraga yang merupakan bagian dari pola hidup sehat. Dengan menjalankan pola hidup sehat ini juga membuat siklus energy tubuh menjadilebih lancar sehingga sistem organ, hormone, enzim metabolisme dan peredaran darah juga lebih lancar. Itulah mengapa menjaga pola hidup sehat merupakan salah satu cara bersyukur yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

9. Bersyukur Dengan Menjaga Kebersihan

Dalam hal bersyukur Islam juga menaruh perhatian lebih dalam urusan menjaga kebersihan. Bahkan dalam islam kebersihan adalah sebagian dari iman. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis “Ath-thahuuru syatrul iimaan (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi) yang artinya Bersuci [thaharah] itu setengah daripada iman. Thaharah artinya bersuci dan bersuci biasanya untuk tujuan ibadah,dan bersuci lebih dari makna bersih dan yang bersih belum tentu suci. ini senada dengan anjuran menjaga kebersihan yakni “Annadha fatu minal iman” yang berarti kebersihan adalah sebagian dari iman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan