Antisipasi Sistem Pendaftaran PPDB Tahap 2 Down, Disdik Jabar Siapkan Tim IT 24 Jam

JABAR EKSPRES  – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar), mengaku saat ini telah menyiapkan sejumlah langkah agar pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 khusunya di tahap 2 nanti tetap berjalanlancar.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan Ade Afriandi menyebut, pihaknya kini telah menyiapkan langkah salah satunya Tim IT selama 24 jam untuk mengantispasi gangguan malasah server yang sempat terjadi di hari pertama tahap 1 pendaftaran kemarin.

“Kita sudah di uji sejak hari Senin (hari pertama pendaftaran tahap 1), makanya sekarang kami akan siapkan tim mitigasi atau tim IT selama 24 jam untuk terus memantu (sistem PPDB 2024),” ujarnya saat dikonfimasi, Sabtu (8/6).

Hingga sejauh ini, Ade menambahkan untuk sistem pendaftaran PPDB 2024 sudah kembali lancar dan normal setelah sebelumnya mengalami kendala yang cukup lama.

Maka dengan adanya hal ini, Ade menuturkan untuk di tahap 2 nanti, Disdik jabar akan terus melakukan mitigasi atau pemantauan sistem pendaftaran.

“Tapi alhamdullah samapi hari ini masih tetap lancar karena saya juga ada grup dengan para kepala sekolah dan tidak ada kendala. Nah untuk tahap yang kedua nanti,tentu kami akan menjaga dari apa yang sekarang kita jalankan karena kemarin sudah mendapat ujian. Jadi tentu itu akan kami pegang begitu kemarin diuji sangat berat bukan hanya 1-2 jam (gangguannya)/tapi kami terpaksa harus menutup layanan karena ingin sistem yang sudah ada itu di evaluasi,” pungkasnya

Sebelumnya, sejumlah masyarakat ramai mengomentari akun media sosial Instagram milik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar) lantaran mengeluh terhadap server pendaftaran tahap 1 Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 untuk tingkat SMA, SMK, dan SLB, mengalmi down atau gangguan.

Seperti halnya keluhan yang disampaikan oleh masyarkat dengan nama akun @garamalia, ia mengomentari bahwa server pendaftaran tahap 1 PPDN 2024 hingga pukul 10.20 Wib tadi masih mengalami gangguan dan tidak bisa diakses.

“Jam 10.20 ini masih error aja loh. Ada yg sama?,” tulis @garamalia saat mengomentari salah satu postingan Instagram Disdik Jabar.

Selain @garamalia, masyarkat lainya juga seperti @nisariz_ turut menyampaikan keluhannya kepada Disdik Jabar. Ia mengeluh lantaran tidak adanya perubahan dari porses pendaftara PPDB tahun sebelumnya.

Writer: Sandi Nugraha

Tinggalkan Balasan