5 Tips Agar Mata Sehat dan Kuat Lama Saat Membaca Al Quran

JABAR EKSPRES – Membaca Al Quran merupakan salah satu ibadah utama yang berpotensi mendapat pahala besar. Sayangnya seringkali saat tilawah atau membaca Al Quran, mata bermasalah dan membuat kita harus berhenti membacanya.

Permasalahan pada mata yang sudah menganggu untuk ibadah sesungguhnya termasuk ke dalam bencana, karena mengurangi kenikmatan dan kenyamanan saat beribadah.

Namun ada beberapa tips yang bisa dicoba agar mata tetap sehat dan akan tahan lama saat digunakan untuk membaca Alquran.

Sehingga saat tilawah, akan semakin nikmat karena merasa nyaman membaca setiap huruf dalam Al Quran dengan jelas tanpa terganggu penglihatan.

Baca juga : Metode Mudah Menghafal AL Quran Bagi Pemula

Beberapa gangguan penglihatan yang sering terjadi diantaranya mata berair, mata lelah, mata merah, pandangan tak jelas atau kabur hingga berbayang.

Jika mengalami berbagai masalah tersebut hendaknya segera diatasi agar tidak semakin mengganggu dalam beribadah.

Untuk mencegah terjadinya berbagai masalah tersebut, kita bisa mencoba melakukan beberapa tips agar tilawah tetap nyaman dan sehat.

1. Mengatur posisi baca, senyaman mungkin, termasuk juga posisi badan.

2. Menjaga jarak baca, yaitu 30 cm dihitung dari Al Quran ke mata.

3. Mengatur tingkat pencahayaan yang cukup.

4. Mengatur durasi membaca. Di sela-sela aktivitas tilawah kita perlu memberikan jeda atau rehat sejenak untuk mata, agar melenturkan otot mata yang tegang serta mengurangi lelah.

5. Pola makan sehat, yaitu asupan yang bisa menunjang kesehatan mata. Konsumsilah : sayuran hijau, wortel, buah alpukat, bilbery dan lainnya.

baca juga : Gerakan Menulis Al-Quran dengan Cordoba Pecahkan Rekor MURI

Jika kelima hal ini bisa dilakukan secara rutin, niscaya gangguan masalah mata atau penglihatan saat sedang  tilawah akan berangsur-angsur membaik atas ijin Allah.

Namun akan berbeda hasilnya jika gangguan pada mata ini disebabkan oleh hal lain, seperti karena penyakit gula, mata minus, Silinder atau mata plus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan