Bey Machmudin Klaim Pemberangkatan Calon Jamaah Haji di Jabar Berjalan Lancar

JABAR EKSPRES – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Triadi Machmudin mengklaim pemberangkatan calon jamah haji tahun ini masih bisa dilakuan dengan lancar.

Bahkan Bey mengaku, bahwa sekitar 15 kloter jamaah haji asal Jabar telah berangkat ke Tanah Suci Mekah dengan pancar baik melalui Bandara Soekarno-Hatta maupun Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupeten Majalengka.

“Proses keberangkatan haji sampai saat ini masih lancar, tidak ada keluhan dan 9 kloter dari Bekasi dan 6 dari Indramayu juga, sudah berangkat dan sudah cukup baik,” ujarnya Jum’at (17/5).

Tak hanya soal pemberangkatan, Bey juga menyebut beberapa hal yang sebelumnya sempat terjadi kendala di baik di asrama haji atau Emberkasi Bekasi, Indramayu bahkan Bandara juga, saat ini telah diselesaikan dengan baik.

BACA JUGA: 1Jelang Laga Persib vs Bali United di Semifinal Liga 1, Polisi Turunkan 1500 Personel

“Di Indramayu (asrama haji) kemarin saya lihat sudah baik dan sampai sekarang tidak ada keluhan. Memang di awal ada sedikit kendala perubahan (jadwal) yang tidak boleh masuk malem, tapi setelah itu oleh Kemenag sudah diubah menjadi pagi,” imbuhnya

Dikonfimasi terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Haji dan Umrah Kemenag Jabar Boy Hari Novian menyebut saat ini sudah ada sekitar 5.300 calon jamaah haji asal Jabar yang telah berangkat ke Tanah Suci Mekah.

“Dua embarkasi sudah dilakukan pemberangkatan jamaah seperti di Bekasi 9 kloter itu sudah berangkat ke Arab Saudi, dan di Kertajati (BIJB) juga ada 3 kloter,” ujarnya

Boy menuturkan, proses pemberangkatan para calon jamaah haji tersebut sejauh ini dinilai berjalan lancar dan tidak ada kendala.

“Karena porses saat tiba di asrama (Emberkasi) sekarang itu sebentar tidak ada seremonial (pelepasan). Jadi sejauh ini berjalan lancar, pungkasnya

Sebelumnya, sekitar 40.201 calon jamah haji asal Jabar dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci Mekah di tahun 2024 ini. Bahkan dari total 40 ribu lebih yang akan berangkat tersebut, 13.200 calon jamaah haji diantaranya direncanakan terbang melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

“Untuk di Kertajati (BIJB) ada gelombang (keberangkatan), untuk gelombang satu, itu akan berangkat sebanyak 12 kloter, dan gelombang ke dua sekitar 18 kloter. Sementara untuk keberangkatan, itu akan dilakukan satu kloter per harinya,” tutur Karo Kesra Jabar, Faiz Rahman belum lama ini

Writer: Sandi Nugraha555555555555555555

Tinggalkan Balasan