Rekam Jejak Perjalanan Timnas Indonesia Bisa Sampai ke Semifinal Piala Asia U-23

Indonesia yang berstatus debutan Piala Asia U-23, akhirnya menang lawan Korea Selatan dengan skor akhir pertandingan tercatat 2-(11)-2(10).
Susunan pemain Indonesia versus Korea Selatan:
Indonesia: Ernando Ari, Ilham Rio Fahmi, Rizky Ridho, Justin Hubner, Komang Teguh, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-on, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick.
Pelatih: Shin Tae-yong
Korea Selatan: Baek Jong-bum, Byun Jun-soo, Cho Hyun-taek, Hwang Jae-won, Hong Si-hoo, Lee Kang-hee, Park Sang-hoon, Eom Ji-sung, Kang Seong-jin, Lee Tae-seok, Kim Dong-jin.
Pelatih: Hwang Sun-hong

Kalah di laga awal

Menghuni Grup A bersama Qatar, Australia, dan Jordan, tidak membuat gentar skuad asuhan Shin Tae-yong (STY) untuk bersaing di Piala Asia U-23 2024.
Namun, timnas harus menghadapi ujian saat meniti tangga menuju semifinal.
Rizky Ridho dan kawan-kawan terpaksa kalah saat melawan tuan rumah Qatar dengan skor 0-2 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4).
Saat itu, Garuda Muda kalah melalui gol penalti Khalid Ali Sabah dan Ahmed Al-Rawi.
Laga berlangsung panas, karena keputusan wasit Nasrullo Kabirov mengundang kontroversi dan dinilai sangat merugikan Indonesia, termasuk proses penalti dan kartu merah yang didapatkan Ivar Jenner.
Mental penggawa timnas sempat jatuh usai laga, sehingga menambah pekerjaan rumah bagi STY untuk menatap laga kedua dan ketiga grup.
STY tidak tinggal diam, pelatih asal Korsel itu lantas memotivasi para pemain untuk melupakan hasil pertandingan itu dan kembali berjuang untuk melanjutkan kompetisi.
Sementara itu, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sempat melayangkan surat keberatan kepada Federasi Sepak Bola Asia (AFF) terkait keputusan kontroversial wasit Nasrullo yang merugikan Indonesia.
Namun, surat itu dibalas dengan pernyataan oleh AFF bahwa tidak ada yang salah dengan keputusan wasit yang memimpin laga pada saat itu.
Menang tipis atas Australia
Di perjalanan selanjutnya, Indonesia sukses menekuk Australia dengan skor tipis 1-0 pada pertandingan kedua Grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/4).
Gol semata wayang Garuda Muda diciptakan oleh Komang Teguh Trisnanda pada menit ke-45.

Tinggalkan Balasan