Perawatan Sepeda Motor Pasca Mudik Lebaran

Brake pad atau brake shoes dapat dibersihkan, namun jika sudah aus dan mencapai batas service, segera diganti agar fungsi rem tetap optimal.

7. Pemeriksaan CVT – Sistem V Matic

Bagian penting pada sepeda motor tipe matic adalah komponen V Matic yang disebut CVT (Continuously Variable Transmission) atau transmisi otomatis.

Sistem ini memungkinkan pemindahan roda gigi secara otomatis pada sepeda motor matic.

Jika komponen ini tidak diperiksa atau dibersihkan secara periodik, dapat berdampak buruk pada performa dan komponen lain yang terkait, mengurangi kenyamanan saat berkendara.

8. Pemeriksaan Roda

Pemeriksaan secara rutin terhadap kondisi tekanan angin dan kondisi ban adalah kunci dalam berkendara yang aman dan nyaman.

Lakukan pemeriksaan untuk melihat tapak ban (kembang ban), apakah ada retakan atau benjolan, periksa tekanan angin ban, cek bagian sisi ban untuk melihat kerusakan akibat benturan (seperti dari trotoar atau jalan berlubang), dan jangan lupa periksa sekitar pelek untuk melihat adanya keolengan karena benturan.

9. Gear Sprocket dan Rantai

Untuk sepeda motor tipe manual seperti Sport dan Cub, penting untuk melakukan pemeriksaan dan penyetelan kekencangan rantai roda secara teratur.

Hal ini membantu menjaga rantai sesuai dengan standar ukurannya, sehingga dapat meningkatkan keawetan dan kenyamanan berkendara.

Melakukan pemeriksaan dan penyetelan pada sepeda motor yang telah digunakan untuk perjalanan jarak jauh sangat penting. Hal ini dapat dilakukan di bengkel resmi atau AHASS untuk menjaga performa sepeda motor tetap optimal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan