Sifat Kepribadian Gelap yang Berkaitan dengan Troll Online: Sadisme, Psikopati, Narsisme, dan Machiavellianisme

Setelah tugas Cyberball, peserta diminta untuk menilai kecenderungan mereka untuk terlibat dalam perilaku trolling.

Para peneliti menemukan korelasi positif antara sifat-sifat pribadi Dark Tetrad dan perilaku trolling. Setiap sifat pribadi gelap sadisme, psikopati, Machiavellianisme, dan narsisme, menunjukkan hubungan positif yang signifikan dengan kecenderungan untuk terlibat dalam perilaku trolling. Hal ini menegaskan gagasan bahwa individu yang memiliki aspek kepribadian yang lebih gelap lebih cenderung untuk terlibat dalam perilaku online yang bertujuan untuk mengganggu atau memprovokasi orang lain.

Studi ini juga mengungkapkan asosiasi signifikan antara humor agresif dan perilaku trolling. Hal ini menunjukkan bahwa individu yang lebih suka humor yang meningkatkan diri sendiri dengan merugikan orang lain lebih mungkin untuk terlibat dalam kegiatan trolling. Menariknya, korelasi positif juga diamati antara humor yang merugikan diri sendiri dan trolling, menunjukkan bahwa mereka yang mengolok-olok kelemahan atau kesalahan mereka sendiri mungkin juga berpartisipasi dalam trolling.

Bertentangan dengan harapan, para peneliti tidak menemukan efek keseluruhan yang signifikan dari penolakan sosial terhadap motivasi trolling yang langsung. Hal ini menantang asumsi bahwa mengalami penolakan sosial secara langsung akan meningkatkan motivasi seseorang untuk terlibat dalam perilaku trolling. Para peneliti berspekulasi bahwa manipulasi Cyberball mungkin tidak cukup berdampak, atau bahwa satu kejadian penolakan mungkin tidak selalu memicu reaksi agresif yang langsung.

Penelitian ini menawarkan wawasan berharga. Tetapi ada beberapa batasan yang perlu dipertimbangkan, termasuk ketergantungan studi pada data yang dilaporkan sendiri dan potensi bias keinginan sosial. Selain itu, karakteristik demografis dan konteks budaya peserta penelitian, terutama perempuan dan berbahasa Jerman mungkin membatasi sejauh mana temuan ini berlaku untuk populasi lain.

Sumber: Troll story: The dark tetrad and online trolling revisited with a glance at humor

Baca juga: Efek Psikologis Kesepian: Bagaimana Kesepian Mempengaruhi Kepribadian

Tinggalkan Balasan