17 Amalan di Bulan Ramadhan Penambah Pahala, Sunnah Dikerjakan

  1. Berbuka dengan Tamar atau Air

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang berbuka puasa dengan tamar (kurma), maka baginya pahala seperti orang yang berbuka dengan sesuatu yang halal.” (HR. Abu Dawud)

  1. Menjaga Lidah dari Dosa

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan yang dusta dan perbuatan yang sia-sia, maka Allah tidak membutuhkan dia meninggalkan makanan dan minumannya.” (HR. Bukhari).

BACA JUGA: Sinopsis Film Sleepless: Aksi Jamie Foxx Menggerebek Seorang Gembong

  1. Menunaikan Zakat Fitrah

Zakat Fitrah wajib dikeluarkan sebelum shalat Idul Fitri. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Zakat fitrah itu adalah suci bagi orang yang berpuasa dari perbuatan sia-sia dan kejahatan.” (HR. Ibnu Majah)

  1. Mengucapkan Salam

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ketika kamu masuk ke rumahmu, ucapkanlah salam, itu akan menjadi rahmat bagi keluargamu.” (HR. Abu Dawud)

  1. Memperbanyak Istighfar

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi Allah, aku meminta ampunan kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya lebih dari seratus kali setiap hari.” (HR. Muslim)

  1. Menjaga Puasa Dengan Baik

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada banyak orang yang berpuasa, namun tidak mendapatkan kecuali lapar dan haus.” (HR. Ibnu Majah)

  1. Menjauhi Perkataan Kotor

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang berpuasa hendaklah tidak berkata kotor dan tidak pula bertindak buruk. Jika ada orang yang memaki atau menyerangnya, hendaklah dia berkata, ‘Aku sedang berpuasa.’” (HR. Bukhari)

  1. Berbuka Puasa dengan Yang Halal

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan yang dusta dan perbuatan yang sia-sia, maka Allah tidak membutuhkan dia meninggalkan makanan dan minumannya.” (HR. Bukhari)

  1. Memberi Makan kepada Orang yang Berbuka Puasa

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang memberi makan kepada orang yang berbuka puasa, maka baginya pahala yang sama dengan orang yang berbuka puasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berbuka puasa itu sedikitpun.” (HR. At-Tirmidzi)

  1. Memperbanyak Shalat Sunnah

Tinggalkan Balasan