Tips Budgeting Plan saat Ramadan Biar Ga Boncos

BACA JUGA: Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menyambut Ramadhan

3. Hindari Kebiasaan Impulsif Buying

Menjadi rahasia umum, promo dan diskon begitu banyak saat Ramadan. Tentunya hal ini sedikit menggoyahkan iman untuk membeli hal-hal tersebut.

Kita bukan dilarang untuk membeli hal-hal tersebut, melainkan kembali menuju skala prioritas yang telah disusun pada budgeting plan. Silakan ambil promo dan diskon tersebut jika diperlukan.

4. Jangan FOMO

FOMO (Fear of Missing Out) merupakan racun bagi diri kita. Acara bukber menjadi agenda banding-banding antara satu rombongan satu dengan yang lainnya. Mereka berlomba-lomba untuk memperlihatkan bagaimana kompak, makanan, dan agenda bukber mereka.

Ikut serta dalam bukber tentunya sah-sah saja. Namun, kembali ingat pada budgeting plan yang telah disusun. Pilihlah skala prioritas mana yang sebaiknya diikuti dan mana yang tidak perlu diikuti.

BACA JUGA: Apa Hukum Dasar Paylater Dalam Islam? Ini Jawaban Al-Qur’an!

5. Tetap Berinvestasi

Dengan segala uang yang kamu miliki, jangan pernah lupa untuk berinvestasi. Dana untuk investasi itu disisihkan, bukan hasil sisa. Apalagi di bulan Ramadan kali ini seharusnya menjadi ajang menabung dan berinvestasi yang baik.

Budgeting plan merupakan pokok dasar dari seseorang dalam mengatur keuangannya. Skala prioritas menjadi faktor terpenting dalam menyusun rencana ini. Jangan pernah FOMO karena FOMO bakal membuatmu hidup sengsara. (*)

BACA JUGA: Hal-Hal Yang Membuat Puasa Seseorang Menjadi Sia-Sia

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan