Contoh Teks Khutbah Jumat Tentang Mari Hidupkan Malam Nisfu Sya’ban!

Pada bulan ini juga, terdapat malam di mana amal perbuatan kaum muslimin dihadapkan pada Allah subhanahu wa ta’ala. Malam tersebut kaum muslimin biasa berdoa kepada Allah meminta ampunan, baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama berkumpul di masjid.

Dalam meramaikan malam Nisfu Sya’ban bukan hanya tentang amal pribadi yang akan dihadapkan pada Allah ta’ala, tetapi juga tentang kebersamaan dan bentuk kepedulian sosial sebagai umat Islam. Melestarikan tradisi doa bersama pada malam Nisfu Sya’ban membuat tali persaudaraan antar warga menjadi erat.

Malam Nisfu Sya’ban menginspirasi kita untuk berkumpul dalam kebaikan. Shalat malam berjamaah, membaca ayat-ayat suci Al-Quran, membaca wirid dan zikir serta memohon ampun bersama-sama. Kegiatan semacam ini dapat menciptakan atmosfer solidaritas yang memperkuat hubungan antar-umat Islam.

Di sisi lain, persiapan menyambut malam Nisfu Sya’ban seringkali melibatkan kegiatan gotong royong. Membersihkan masjid, merapihkan lingkungan, dan menyediakan hidangan bersama apabila ada merupakan bagian dari sikap membangun semangat kebersamaan dan tanggung jawab kolektif. Sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: تَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

Artinya: Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, “Tolong-menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa, janganlah tolong-menolong dalam dosa dan pelanggaran.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Kegiatan keagamaan di malam Nisfu Sya’ban, seperti doa bersama dan kajian agama, tidak hanya memperkuat ikatan keagamaan tetapi juga meningkatkan kesadaran sosial akan pentingnya saling peduli dan membantu sesama.

Selain beribadah, berdoa dan memohon ampunan, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak bersedekah dan mengeluarkan harta bagi mereka yang membutuhkan.

Keterangan ini sebagaimana termaktub dalam kitab Madza fi Sya’ban, melalui penuturan Anas bin Malik, bahwa saat memasuki bulan Sya’ban, kaum muslimin fokus membaca mushaf dan membagikan sebagian harta mereka bagi orang-orang lemah dan miskin.

Sekian khutbah Jumat yang bisa sampaikan, semoga materi yang saya sampaikan bisa bermanfaat, apabila ada kesalahan tutur kata yang disengaja maupun tidak sengaja kurang lebihnya mohon maaf.

Baca Juga: Lihat di Sini! Jadwal Majelis Taklim Masjid Agung TSB Tanggal 21-28 Februari 2024

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan