Mengenal Jenis dan Posisi Lampu Sein Depan Sepeda Motor

Baca juga : Bukan Hanya Pajangan, Ternyata ini Fungsi Lain Lampu Penerang Plat Nomor Sepeda Motor

3. Lampu sein di spion

Meskipun memiliki posisi yang tidak umum, lampu sein di spion terkesan lebih modern dan berkelas. Spion sepeda motor dengan lampu sein memiliki dua fungsi, di mana bagian utamanya sebagai cermin untuk melihat ke belakang sepeda motor, sementara bagian punggung spion didesain sebagai tempat reflektor lampu sein.
Jenis lampu sein ini bisa ditemui pada varian New Honda Forza 250 dan Big Bike premium New Honda CBR1000RR-R SP.

4. Lampu sein menyatu dengan DRL

Berbeda dengan lampu utama yang menerangi jalanan, lampu DRL atau Daytime Running Light bersifat sekunder dan merupakan lampu pendukung guna memberikan tanda atau posisi kendaraan. Pada umumnya, lampu DRL atau lampu senja terpisah dengan lampu utama maupun lampu sein.

Namun, inovasi dari Honda dapat ditemui pada varian New Honda CBR150R dan CBR250RR, dimana lampu sein di bagian depan terkesan tersembunyi karena menyatu dengan lampu DRL.
Lampu tersebut akan menyala secara unik; ketika tidak diaktifkan, lampu DRL akan menyala keduanya, dan ketika salah satu lampu sein diaktifkan, maka salah satu dari DRL akan beralih fungsi sebagai lampu isyarat atau sinyal lampu sein.

Karena pentingnya komponen tersebut, lampu sein harus selalu mendapat perawatan. Selalu gunakan suku cadang yang asli dan jaga kondisi baterai agar semua perangkat kelistrikan berfungsi normal. Hindari penggunaan perangkat modifikasi lampu sein yang tidak sesuai standar untuk menghindari potensi kerusakan atau kehabisan baterai.

Tinggalkan Balasan